Daihatsu Indonesia Akan Selesaikan Masalah Recall Xenia dan Rocky Hingga Desember 2023

Daihatsu Indonesia Akan Selesaikan Masalah Recall Xenia dan Rocky Hingga Desember 2023

Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah mengumumkan recall untuk model Xenia dan Rocky, dikarenakan tedapat masalah pada komponen ECU airbag, sehingga diperlukan penggantian. Masalah ini ditemukan saat melakukan pengetesan dan kontrol kualitas. Dari situ, Daihatsu menduga ada potensi terjadinya masalah pada satu komponen di ECU airbag.

Menurut data, recall ini menyasar 1.095 unit Daihatsu Xenia dan 115 unit Daihatsu Rocky, yang diproduksi pada Desember 2022 hingga Januari 2023. Marketing Director & Corporate Planning and Communication Director PT ADM Sri Agung Handayani mengatakan, pabrikan akan segera meyelesaikan masalah recall hingga Desember 2023.

"Target kami sampai Desember ini, karena kan mobilnya ada yang dipakai di sub-urban, lalu fleet dipakai di offsite. Kami berharap kepada pelanggan semoga bisa cepat datang," kata Sri Agung saat peluncur New Terios di Ancol beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui, komponen yang bermasalah ada pada kapasitor di dalam rangkaian elektronik PCB (Printed Circuit Board) pada ECU. Kapasitor tersebut harus diganti dengan yang baru supaya airbag mengembang ketika terjadi benturan di depan mobil.

Daihatsu juga menjamin bahwa seluruh pelayanan terkait program recall ini bebas biaya alias gratis. Mereka juga menambahkan bahwa proses penggantian komponen yang terdampak hanya memakan waktu 1 jam saja. 

Sementara itu, Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu (ADM) memastikan mobil produk Daithatsu lainya yaitu Terios tidak termasuk dalam program recall.

Menurutnya komponen ECU airbag Terios beda dengan Xenia dan Rocky. Terios tidak mungkin terdampak program recall tersebut. "Terios tidak ada kemungkinan recall, kemarin sudah jelas recall hanya untuk Xenia dan Rocky, itu pun batch periode itu saja," kata Hendrayadi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com