Oli Mesin Suka Rembes? Masalah Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Oli Mesin Suka Rembes? Masalah Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Pernahkah Anda menemukan bercak atau cairan  oli pada bagian bawah mobil? Kondisi tersebut menandakan adanya rembesan oli yang jika dibiarkan bisa menyebabkan kerusakan komponen mobil lainnya.

Sebab bicara oli menjadi salah satu komponen penting sebagai pelumasan agar mesin dapat bekerja dengan baik, hingga meminimalisir korosi. Ternyata banyak penyebab oli mesin mobil bisa mengalami rembesan, seperti gasket yang sudah usang hingga bagian karet yang sudah rusak.

"Oli mesin mobil rembes itu disebabkan banyak faktor mulai dari kebocoran pada seal, karena komponen ini memiliki fungsi yang baik sebagai penyekat," kata Angga Yudistira, Brand Manager, Rotary Auto, kepada Otodriver baru-baru ini.

Selain itu dikutip dari berbagai sumber terdapat beberapa penyebab lain seperti filter oli yang sudah usang atau rusak. Sebab, filter memiliki fungsi untuk menyaring kotoran atau partikel kecil, jika bermasalah partikel tidak dapat disaring  dan ketika dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan terjadinya rembesan oli

Kelebihan oli atau tidak sesuai dengan yang dianjurkan juga bisa menjadi penyebab kebocoran pada oli. Sebab kapasitas oli pada mesin dan transmisi sudah dirancang sedemikian rupa.

Untuk itu agar tidak terjadi rembesan oli mesin Angga menyarankan untuk selalu melakukan pengecekan rutin.

"Pastikan untuk selalu melakukan pengecekan dan tune up rutin agar tahu misalnya ada rembesan dari part yang sudah rusak bisa segera melakukan penggantian," paparnya.

Jadi, beberapa ketika oli mesin mobil Anda rembes masalah di atas bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com