Tim Nissan Gunakan Teknologi Mobil LEAF pada Formula E

Tim Nissan Gunakan Teknologi Mobil LEAF pada Formula E

Formula E memberikan kesempatan kepada pabrikan otomotif untuk memperlihatkan inovasi energi listrik yang dimiliki masing-masing pabrikan di lingkungan balap mobil.  

Bagaimana mobil-mobil tersebut dirancang untuk memenuhi spesifikasi yang ditetapkan oleh FIA (Fédération Internationale de l’Automobile), guna mendorong masa depan mobil listrik dunia.

Nissan merupakan pabrikan mobil Jepang pertama dan satu-satunya yang mengikuti putaran Formula E, menggunakan teknologi Nissan LEAF pada ajang balap Formula E.

“Kendaraan tanpa emisi Nissan LEAF merupakan perwujudan dari Nissan Intelligent Mobility, yang merupakan filosofi Nissan untuk mengubah cara mobil dikemudikan, ditenagai, dan diintegrasikan ke dalam masyarakat. Dan sekarang kita melihat bukti bagaimana Nissan berbagi teknologi dari mobil yang diproduksi secara massal dengan mobil balap Formula E,” kata Tan Kim Piauw, Direktur Sales dan Marketing, PT Nissan Motor Distributor Indonesia di Hotel Mercure Jakarta Batavia, Jumat (3/6).

Nissan LEAF diluncurkan di Indonesia pada bulan Agustus 2021 dan sudah terjual lebih dari 500.000 unit sejak peluncuran pertama kali di dunia pada tahun 2010.  Nissan LEAF merupakan bukti bagaimana Nissan memanfaatkan pengalaman dalam memproduksi mobil listrik massal untuk membangun mobil balap Formula E.  

“Kendaraan tanpa emisi Nissan LEAF merupakan perwujudan dari Nissan Intelligent Mobility, yang merupakan filosofi Nissan untuk mengubah cara mobil dikemudikan, ditenagai, dan diintegrasikan ke dalam masyarakat. Dan sekarang kita melihat bukti bagaimana Nissan berbagi teknologi dari mobil yang diproduksi secara massal dengan mobil balap Formula E,” tutur Tan Kim Piauw.

Nissan LEAF sendiri mampu mencapai akselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km/jam. Mobil listrik ini juga memiliki tenaga maksimum hingga 110 kW atau setara dengan 150 PS dan torsi maksimum 320 Nm.

Mobil ini menggunakan e-Pedal, yang memungkinkan pengemudi memulai berkendara, akselerasi, deselerasi, dan berhenti menggunakan hanya satu pedal dengan menambah atau mengurangi tekanan pada pedal gas.

Sebagai mobil modern, Nissan LEAF tentunya sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan dan keselamatan yang canggih.

Sebut saja Forward Collision Warning (FCW), Forward Emergency Braking (FEB), Intelligent Trace Control (ITC), Vehicle Dynamic Control (VDC), dan Hill Start Assist (HSA).

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com