Ternyata BBM Revvo 89, Lebih Baik Dari Pertalite

Ternyata BBM Revvo 89, Lebih Baik Dari Pertalite

Sejak Pertamina menaikan harga Pertalitr, kualitas BBM RON 90 sempat dipertanyakan. Tidak sedikit yang menganggap Pertalite jadi lebih boros.

Kali ini ada pengujian terhadap dua BBM yang berbeda yaitu Pertalite dan Revvo 89. Kedua BBM itu dalam satu bulan terakhir memang tengah ramai diperbincangkan.

Hasil uji Pertalite itu diunggah oleh anggota DPR dari komisi VII Mulyanto melalu twitternya @pakmul63. Hasilnya, Revvo 89 yang notabene punya RON 89 namun dari hasil pengujian kadar RON-nya justru 90,7. Sedangkan Pertalite dengan angka oktan 90, kadar RON-nya 90,3.

Dari hasil penelitian itu ia menyimpulkan:
1. Kandungan Pb masih ada baik pada pertalite maupun Revvo.
2. Pengukuran RON Revvo 89, cukup baik, bahkan sedikit di atas 90.
3. Parameter lainnya yang diuji, secara umum masuk dlm standar.
4. Dari data yg diuji, tidak ditemukan indikasi yg menyimpang.
5. Secara umum dalam pengujian ini tidak ditemukan indikasi penyebab Pertalite boros atau akselerasinya lamban.
6. Untuk pengujian lebih lanjut perlu dilakukan uji performa.  Namun, untuk keperluan kita, maka cukup dengan uji ini.

"Cukup menarik, Revvo 89 ini yg angka hasil ujinya sedikit lebih baik dari Pertalite yang mempunyai RON 90," tulis Mulyanto dilansir melalui tweetnya, Jumat, (4/11).

Sebelumnya,Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menegaskan tidak ada perubahan spesifikasi pada produk pertalite.

"Pertamina berkomitmen untuk menyalurkan produk-produk BBM berkualitas sesuai dengan spesifikasi. Melalui kontrol kualitas, produk yang tidak sesuai spesifikasi tidak akan disalurkan ke lembaga penyalur," kata Irto dalam keterangan resminya, Kamis (22/9).

Namun jika kita ingin membeli Revvo 89 kini ini sudah mulai tidak dijual, dari pantuan OtoDriver di beberapa SPBU Vivo hanya menampilkan harga Revvo 95 sebesar Rp 14.830 per liter, Revvo 92 Rp 14.140 per liter dan Revvo 90 Rp 12.600 per liter.

Selain digantikan oleh Revvo 90, terdapat juga Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis BBM dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui SPBU.

Dimana isinya, Bahan bakar minyak (BBM) dengan kadar RON di bawah 90 akan dilarang oleh Pemerintah, mulai 1 Januari 2023 mendatang. Artinya Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) yang beroperasi di Indonesia sudah tidak boleh menjual BBM Ron 88 atau 89.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com