Tak Semua Pakai Genesis G80, Ini Dia Daftar Mobil Kepala Negara Di KTT G20

Tak Semua Pakai Genesis G80, Ini Dia Daftar Mobil Kepala Negara Di KTT G20

Genesis Electrified G80 ditunjuk menjadi armada para pemimpin Negara saat Konferensi Tingkat Tinggi G20 berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022. Namun saat penyelenggaraannya, nyatanya tidak semua kepala Negara menggunakan mobil tersebut.

Hal ini mungkin berkaitan dengan standar pengamanan kepala Negara yang masing-masing berbeda. Dan, setidaknya ada 7 model mobil berbeda yang menjadi mobil kepala Negara saat G20 berlangsung. Berikut adalah daftar mobil kepala Negara di G20 selain Genesis Electrified G80.

1. The Beast

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden tampak menaiki mobil kepresidenan khusus, yang bernama The Beast. Limosin berukuran besar ini dirancang atas permintaan Secret Service menggunakan sasis truk GMC Top Kick

The Beast ini memiliki berat sekitar 9 ton. Hal ini disebabkan berbagai perlindungan, misalnya kaca setebal 5 inci, pelat antibom, dan perlengkapan khusus seperti pasokan oksigen, telepon satelit, dan juga kode nuklir

2. Hongqi N701

Presiden Tiongkok Xi Jinping juga membawa mobil kepresidenan sendiri, yakni Hongqi N701. Namun untuk spesifikasinya masih misterius.

Kendati demikian, teknologi yang diusung tak kalah canggih dibandingkan The Beast milik Joe Biden. Tampak pemerintah Tiongkok membawa dua unit Hongqi N701.

3. Toyota Land Cruiser J200

 

Setidaknya ada empat kepala Negara yang menggunakan mobil ini. Mereka adalah Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri Inggris Raya Rishi Sunak,  Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, dan Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni.

Tentu Land Cruiser J200 ini bukanlah sebuah Land Cruiser biasa. Sebagai mobil untuk alat transportasi kepala Negara, mobil ini dirancang dengan perlindungan anti peluru pada bodi, kaca, serta tangki BBM.

Namun, ada satu hal yang tampak berbeda, yakni Land Cruiser yang digunakan oleh PM Australia, di nmana mobil ini tidak menggunakan footstep seperti Land Cruiser lainnya.

4. Mercedes-Pullman S 600 Guard

 

Beberapa kepala Negara seperti Perdana Menteri Jepang Kishida, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol bahkan Presiden Jokowi sendiri menggunakan mobil andalannya, Mercedes-Pullman S 600 Guard.

Namun khusus untuk Presiden Korsell dan PM Jepang, tampak Mercedes-Pullman S 600 Guard adalah generasi W221 sedangkan Presiden Jokowi menggunakan generasi terbaru, yakni W222

5. Mercedes-Maybach S 600 Guard

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tampak menggunakan Mercedes-Maybach S 600 Guard.

Spesifikasi mobil ini bisa disesuaikan kebutuhan perlindungan. Namun sebagai basisnya, mobil ini punya sertifikasi balistik tertinggi level VR10 untuk mobil sipil

6. Audi A8L Security

Presiden Uni Emirat Arab, Sheikh Mohammend bin Zayed Al Nahyan menggunakan mobil Audi A8L Security saat tiba di bandara.

Mobil flagship asal Jerman ini juga tidak kalah dibandingkan mobil kepresidenan lainnnya, seperti kemampuan tahan serangan tembakan sniper, granat tangan, dan juga senjata otomatis.

7. Mercedes-Benz G-Class

 

Ada dua kepala Negara yang menggunakan Mercedes-Benz G-Class. Yang pertama adalah Presiden Perancis Emmanuel Macron yang menggunakan G 500 Guard W463A dan Perdana Menteri India, Narendra Modi dengan Mercedes-AMG G 63 Guard.

Yang menarik adalah G-Class yang menjadi tunggangan Presiden Perancis. G 500 Guard ini disinyalir merupakan mobil yang dirilis antara tahun 2004-2008. Namun spesifikasinya tidak main-main, karena memiliki perlindungan kelas VR7, dibekali mesin bensin V8 5.500 cc dan tentu saja punya kemampuan off-road.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com