Melihat Tanda-Tanda Mobil Listrik Bakal Mengambil Alih Pasar Global

Melihat Tanda-Tanda Mobil Listrik Bakal Mengambil Alih Pasar Global

Saat ini mobil listrik tengah menjadi tren di pasar global, tak terkecuali di Indonesia. Para pabrikan berlomba-lomba menghadirkan model yang paling sesuai dengan karakteristik masyarakat di Indonesia.

Dengan banyaknya model baru bermunculan, hal tersebut membuat angka penjualan mobil listrik pun terus bertambah.

Dalam hal ini konsultan AlixPartners bahkan telah merilis data bahwa penjualan kendaraan listrik dapat mencapai 33 persen secara global pada 2028. Kemudian, pada 2035, bisa mengambil 54 persen karena permintaan yang meningkat di sebagian besar pasar utama.

Sementara berdasarkan data yang dirilis Reuters, saat ini penjualan mobil listrik kurang dari 8 persen dari total secara global pada 2021. Sedangkan hingga kuartal pertama 2022, hanya berkontribusi di bawah 10 persen. Namun angkanya terus bertambah.

Nah untuk mendukung permintaan tersebut, pembuat dan pemasok berharap untuk berinvestasi setidaknya US$526 miliar untuk kendaraan listrik dan baterai dari 2022 hingga 2026, tulis perusahaan dalam pengarahan global Automotive Outlook tahunannya.

Menurut Mark Wakefield, salah satu pemimpin praktik otomotif perusahaan, industri sendiri masih menghadapi tantangan ekonomi dan rantai pasokan selama transisi dari kendaraan dengan mesin pembakaran internal (ICE) ke listrik.

"Transisi akan membutuhkan perubahan drastis di model operasi, bukan hanya pabrik dan manusia, tetapi seluruh cara kerja," katanya.

Beberapa perusahaan otomotif akan mendapatkan manfaat dari memisahkan bisnis kendaraan konvensional dan listriknya.

Bahan baku untuk kendaraan listrik juga memiliki harga lebih dari dua kali lipat dibanding konvensional, menurut data Mei 2022.

Transisi dari kendaraan konvensional menuju listrik akan membebani pembuat mobil dan pemasok secara kumulatif sebesar US$70 miliar pada 2030, menurut Elmar Kades, salah satu pemimpin praktik otomotif, sembari mengatakan hal itu termasuk kebangkrutan dan restrukturisasi.

AlixPartners melihat kendala pasokan berlanjut hingga 2024, dan memperkirakan total penjualan kendaraan global turun menjadi 79 juta unit tahun ini, sebelum naik menjadi 95 juta unit pada 2024.

Di Amerika Serikat, total penjualan kendaraan diperkirakan akan meningkat menjadi 16 juta unit pada 2023 dan mencapai puncaknya sebesar 17,5 juta unit pada t2024 sebelum mulai menurun pada 2025-2026.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com