Kemenangan Besar di AXCR 2022, Tandai Kebangkitan Mitsubishi Ralliart

Kemenangan Besar di AXCR 2022, Tandai Kebangkitan Mitsubishi Ralliart

Vakum selama lebih dari 12 tahun nampaknya tak membuat kesaktian Mitsubishi Ralliart luntur. Kambalinya kiprah motorsport ini pun dimulai dengan reli cross country dalam ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 yang digelar di Thailand dan Kamboja.

Tim Mitsubishi Ralliart yang menerjunkan Triton bertransmisi manual dengan tiga mobil yang masing-masing digawangi driver Rifat Helmy Sungkar (Indonesia) dan co-driver Chupong Chaiwan (Thailand) sebagai mobil pertama,  driver Chayapon Yotha (Thailand) dan co-driver Peerapong Sambutwong (Thailand). Sedangkan mobil ketiga adalah driver Sakchai Hantrakul (Thailand) dan co-driver Kittisak Klinchan (Thailand).

Namun sayang pada hari kedua atau leg pertama Hantrakul-Klinchan tidak bisa melakukan start karena terindikasi positif Covid.

Tampil dengan dua mobil tak menyurutkan semangat tim yang dibentuk atas asuhan sang Maestro Reli Dakar, Hiroshi Masuoka.

Kedua mobil ini pun sejak Leg 0 (nol) selalu berada di posisi 10 besar. Bahkan beberapa kali Chayapon Yotha yang sudah banyak makan asam garam reli cross country ini berhasil finish di urutan pertama selama enam hari penyelengaraan reli yang mulai pada 21-26 November 2022.

Rifat Sungkar membuat keajaibannya sendiri dalam permainan yang satu ini. Ia sama sekali belum pernah terjun di ajang dengan jarak tempuh yang sedemikian jauh dan menggunakan sebuah pikap. “Jarak tempuh di AXCR 2022 ini mencapai kurang lebih 1.700 kilometer, yang artinya sebanding dengan jarak tempuh kejuaraan reli yang saya ikuti selama dua tahun,” ungkapnya saat ditemui di Buriram Thailand beberapa waktu silam.

Walau sempat mengalami beberapa kerusakan, namun pereli nasional Indonesia ini berhasil mempertahankan peringkatnya dengan cukup apik.

Hasil pertarungan selama enam hari ini, Tim Mitsubishi Ralliart mencetak kemenangan besar di debut pertamanya.

Chayapon Yotha berhasil jadi pemenang dengan total waktu 8 jam 22 menit 42 detik. Ukiran waktu ini membawanya menduduki peringkat pertama overall AXCR 2022. "Ini menjadi pertarungan yang sangat sulit selama enam hari, tapi saya sangat senang bisa meraih kemenangan melawan rival yang menggunakan mesin lebih besar," terang Chayapon. Demikian seperti dilansir Mitsubishi Motors, Minggu (27/11).

Sementara Rifat Sungkar berhasil mencatatkan torehan angka 8 jam 39 menit 56 detik yang membawanya naik podium di posisi lima. Sehari sebelumnya, ia sempat nangkring di urutan 4 overall.

“Saya menikmati berpartisipasi dalam reli lintas negara untuk pertama kalinya, dan saya lega bahwa saya dapat menyelesaikan semua tahapan dengan aman. Sekali lagi, saya merasa bahwa Triton adalah mobil yang benar-benar tangguh dan andal. Sungguh menakjubkan bahwa kami dapat berjuang melewati reli dengan mobil yang hampir mendekati spek produksi," ungkap Rifat.

Kemenangan tim yang diasuhnya tentu membuat Hiroshi Masuoka bangga dan juga optimis. “Tim akan mempertimbangkan kemungkinan untuk kembali lagi tahun depan, dan akan sepenuhnya melakukan persiapan yang lebih matang pada tim dan mobil reli kami,” papar Masuoka.

Keberhasilan Mitsubishi Ralliart pada ajang AXCR 2022 ini merupakan suatu hal positif yang menandai kembalinya kiprah label sohor ini di ajang motorsport.

Selamat untuk Mitsubishi Ralliart. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com