Daihatsu Genjot Ekspor Lewat Pelabuhan Patimban

Daihatsu Genjot Ekspor Lewat Pelabuhan Patimban

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merupakan salah satu pabrikan dengan kapasitas produksi terbesar di Indonesia. Dan pabrikan berlogo D ini pun secara aktif telah melakukan ekspor otomotif. ADM telah membuktikan diri melakukan ekspor ke 75 negara, mulai ASEAN, Asia Selatan, Asia Timur, Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Latin.

Sebagai bagian dari Toyota Group, selain melakukan ekspor dengan label Daihatsu, ADM pun memproduksi dan mengekspor produk dari brand Toyota,  seperti model Rush, Avanza, Wigo, Raize, dan Town/Lite Ace. Tak hanya itu, ADM pun mengekspor brand Mazda dengan model Bongo yang tak lain merupakan rebadge dari GranMax.

Salah satu pintu ekspor Daihatsu Indonesia adalah Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat yang kian gencar dijadikan pintu gerbang untuk mengirim produk ADM ke luar negeri. “ADM turut berpartisipasi dalam usaha kegiatan ekspor kendaraan melalui pelabuhan Patimban untuk mendukung peningkatan industri otomotif nasional, sekaligus pendapatan devisa negara,” ujar Johan, Export Import Division Head PT ADM dalam siaran resminya (09/03).

Hal ini sejalan dengan harapan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bahwa pemerintah mencanangkan ekspor dari Patimban tahun ini sebesar 160 ribu unit. Akan tetap jika melihat progres selama tga bulan terakhir, tak menutup kemungkinan target tersebut direvisi naik menjadi 180 ribu mobil yang dikirim ke Filipina, Brunei Darussalam, Jepang dan juga Vietnam. “Nanti akan dikembangkan ke negara-negara yang lain sehingga 1 bulan kurang lebih dari sini akan bisa diekspor 15 ribu mobil (per-bulan) dan ini akan sangat bagus," ujar Presiden RI Joko Widodo lewat siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada Januari 2022 silam, total ekspor CBU ADM, berkontribusi sekitar 49% dari total ekspor nasional kendaraan roda empat CBU yang mencapai 24 ribu unit.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com