Bentley State Limousine Tunggangan Ratu Elizabeth II, Mobil Kenegaraan Termahal di Dunia

Harganya Rp 201 milyar
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Jumat, 9 September 2022 10:00 WIB
Berita - Bentley State Limousine Tunggangan Ratu Elizabeth II, Mobil Kenegaraan Termahal di Dunia
Bagikan ke:

Ratu Elizabeth II mangkat pada usia 96 tahun pada  8 September 2022. Sang ratu dengan nama lahir Elizabeth Alexandra Mary ini mulai naik tahta pada 6 Februari 1952. Terhitung sudah 70 tahun 214 hari Inggris Raya berada di bawah kendalinya.

Ibu empat anak ini pun dikenal memiliki berbagai kendaraan istimewa, salah satunya adalah Bentey State Limousine.

Limousine Bentley ini dikatakan cukup istimewa bagi Elizabeth II lantaran mobil ini merupakan hadiah 50 tahun naik tahta sang ratu yang diserahkan pada perayaan Golden Jubilee pada 2002 silam.

Walau sudah berumur dua dasawarsa, namun ternyata mobil yang hanya ada dua unit di seluruh kolong langit ini masih menjadi kendaraan resmi kerajaan untuk ibu dari Pangeran Charles ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, dalam menyiapkan mobil ini Bentley harus menyesuaikan dengan segala sesuatu dari Ratu Inggris itu. Atap yang tinggi dan pintu besar yang bisa dibuka hingga 90 derajat, akan memudahkan sang ratu untuk masuk dan keluar mobil dengan anggun tanpa harus menundukkan kepala.

Jendela panoramik besar yang ada pada bagian baris kedua merupakan akses komunikasi pandangan dari Sang Ratu yang berada di dalam kabin limousine dengan rakyatnya.  Uniknya kaca-kaca pada mobil ini bisa diatur kegelapannya sesuai dengan kebutuhan. Bahkan bisa digelapkan hingga tidak tembus pandang.

Kabin mobil yang dilengkapi dengan bodi dan kaca anti peluru ini punya kabin yang kedap sehingga aman dari serangan gas beracun.

Tak hanya bodi, ban yang digunakannya pun menggunakan lapisan bahan kevlar sehingga tahan hantaman peluru.

Pada dasarnya mobil ini mengambil basis dari Bentley Arnage yang dicustom dengan penambahan dimensi. Dibandingkan mobil basisnya, Limousine ini lebh panjang 83 cm, lebih tinggi 25,5 cm dan lebih lebar 6,8 cm.

Untuk memboyongnya, Bentley membenamkan mesn V8  twin-turbocharged 6,75 liter berdaya 400 daya kuda. Kecepatan maksimalnya 209 km/jam.

Hingga berita ini diturunkan, mobil ini masih tercatat sebagai mobil pemimpin termahal di dunia. Pada saat diserahkan mobil ini dibanderol di angka 10 juta Poundsteling atau sekitar Rp 201 milyar.

Sebagai bandingan,  mobil kepresidenan Amerika, Cadillac ‘The Beast’ Limousine hanya berharga Rp21 milyar saja.

Foto - Bentley State Limousine Tunggangan Ratu Elizabeth II, Mobil Kenegaraan Termahal di Dunia

#elizabeth-ii #bentley-state-limousine

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.