Sistem ADAS Wuling Almaz RS Jadi Fitur Favorit, Ini Komentar Komunitas

Sistem ADAS Wuling Almaz RS Jadi Fitur Favorit, Ini Komentar Komunitas

Salah satu fitur yang jadi unggulan pada SUV Wuling Almaz RS adalah Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang jadi bagian teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). 

Fitur canggih yang mengutamakan kenyamanan dan kemudahan berkendara tersebut pun menjadi favorit pemiliknya. 
Dari penuturan anggota komunitas Wuling Almaz Indonesia (WALI), fitur-fitur ADAS dirasa sangat membantu saat berkendara. Baik ketika menghadapi kemacetan di dalam kota atau saat dibawa perjalanan jauh untuk keluar kota.

Seperti dikatakan Verry Iskandar yang mengaku jika  Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist, dan Traffic Jam Assist sangat memudahkan dalam berkendara sehari-hari.

"Berbagai fitur ADAS juga sangat mendukung keselamatan berkendara. Karena itu saya suka dengan mobil ini karena sudah lengkap dengan fitur-fitur canggih berupa ADAS dan IoV,” kata pria asal Bekasi, Jawa Barat tersebut.

Sementara Yusuf dari Jakarta yang mengaku tertarik memilih Almaz RS dikarenakan harga yang kompetitif dikelasnya, ditambah adanya fitur canggih ADAS. 

"Fitur ini sangat berguna untuk saya yang tinggal di Jakarta, terutama saat di jalan tol atau kemacetan dengan fitur Traffic Jam Assist dan Lane Keeping Assist,” urainya.

Begitu pula bagi Christian Tanuwijaya, fitur IoV dan ADAS membuatnya tertarik dengan Almaz RS. Karena biasanya fitur-fitur sejenis hanya ada di mobil-mobil premium. 

"Khususnya ADAS, pada saat berkendara di jalan tol saya sangat puas dengan kenyamanannya dan tentunya mendukung keselamatan berkeluarga,” ungkap pemukim Jakarta itu.

Fitur-fitur tersebut juga mendapat respon positif dari Sony Susmana, pendiri sekaligus pengajar senior di Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI). Menurutnya ADAS adalah inovasi yang disematkan pada Almaz RS untuk membantu pengemudi agar berkendara lebih aman & nyaman. 

Teknologi ini menggunakan pemindai radar dan kamera untuk memindai objek dan marka di depan kendaraan untuk memberikan feedback kepada pengemudi melalui beragam fitur seperti Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, serta Automatic Light.

Meski demikian, pengguna Almaz RS pun harus menyadari jika ADAS berbeda dari sistem autonomous yang dapat bekerja sendiri secara otomatis dan independen. Karena menurut SDCI ADAS adalah teknologi semi-autopilot yang perannya membantu pengemudi dalam berkendara.

Sementara itu autonomous adalah teknologi full autopilot dimana kendaraan terhubung dengan sekelilingnya melalui pemindai dan koneksi internet untuk berkendara secara otomatis sesuai dengan input dari pengguna, tanpa perlu dikemudikan sama sekali.

Untuk itu, SDCI memberikan tips berkendara menggunakan ADAS. Di mana pertama pastikan pengemudi paham fitur ADAS termasuk cara mengaktifkan serta menonaktifkannya. Kemudian fitur pada ADAS diaktifkan sesuai dengan kebutuhan saja. 

Serta berkendara dengan proaktif dan bertanggung jawab dengan bantuan ADAS sebagai pendukung untuk memudahkan proses berkendara.

Sebagai catatan, saat ini Wuling tengah memberi harga spesial yang ditujukan bagi Almaz RS. Pada Almaz RS EX 5-Seater dibanderol Rp 350,8 juta. Lalu Almaz RS EX 7-Seater Rp 360,3 juta dan varian tertinggi Almaz RS Pro 7-Seater Rp 379,8 juta.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com