FIRST DRIVE: Honda CR-V RS e:HEV

Penulis: Aditya Widiutomo
Kamis, 19 Oktober 2023 10:00 WIB
First Drive - FIRST DRIVE: Honda CR-V RS e:HEV
Bagikan ke:
Honda CR-V generasi terbaru mungkin menjadi hot item sejak diluncurkan pada ajang GIIAS 2023 lalu.

OTODRIVER - Honda CR-V generasi terbaru mungkin menjadi hot item sejak diluncurkan pada ajang GIIAS 2023 lalu.

Dan dua bulan setelah peluncurannya, kami berkesempatan unntuk mengetes CR-V generasi ke-6 ini di Bali. Lantas bagaimana impresi berkendaranya?

Foto - FIRST DRIVE: Honda CR-V RS e:HEV
Honda CR-V generasi terbaru

Saat menyandarkan badan di jok, terasa bahwa CR-V adalah produk Honda sejati dengan posisi berkendaranya yang sangat ergonomis.

Pengaturan berkendara bisa diatur untuk bagian lingkar kemudi secara tilt maupun teleskopik, dan juga pengaturan jok elektrik yang begitu leluasa.

Foto - FIRST DRIVE: Honda CR-V RS e:HEV
Interior Honda Civic generasi terbaru

Lantas, langsung jalankan mobil ini. Dan selain posisi berkendara yang sangat menyenangkan, CR-V generasi ke-6 ini juga memiliki visibilitas berkendara yang begitu baik bahkan dibandingkan generasi terdahulunya.

PT Honda Prospect Motor (HPM) mengklaim bahwa memang mereka memberi perhatian khusus pada bagian visibilitas dengan memberikan ukuran terbaik pada bagian pilar A dan juga posisi dasbor yang rendah sehingga blind spot yang dihasilkan sangat minim.

Hal yang menjadi perhatian ternyata ada di bagian suspensi.

Jika CR-V terkenal dengan karakter suspensi yang empuk, di generasi terbarunya ini suspensi CR-V dibuat lebih rigid dan lebih kaku.

Kami sudah merasakannya dan hal tersebut ternyata benar.

Akan tetapi, dengan setup suspensi baru dari mobil ini terasa handlingnya begitu terprediksi dan juga tingkat kenyamanan tetap terjaga dengan baik.

Tentu mesin hybrid-nya juga menjadi highlight dari mobil ini.

Foto - FIRST DRIVE: Honda CR-V RS e:HEV
Mesin Honda CR-V Hybrid

Sama dengan mobil hybrid pada umumnya, mobil ini menerapkan sistem hybrid  yang canggih.

Motor listrik di mobil ini memang lebih mendominasi untuk menggerakan mobil.

Sementara mesin bertugas untuk berpadu dengan motor listrik untuk menggerakan mobil dan juga menjadi generastor untuk mengisi daya baterai.

Baterai pun mendapatkan tambahan daya dari pengereman regeneratif yang bisa disesuaikan oleh pengendara dan mencapai 5 pilihan kekuatan regenerative braking.

Untuk tenaga mesinnya sendiri terasa instan.

Tentu hal ini tercipta berkat output tenaga kesleuruhan mencapai 207 PS serta torsi 335 Nm.

Kesimpulan

Selain perubahan generasi, untuk pertama kalinya di Indonesia CR-V hadir dalam format penggerak hybrid yang tentu memiliki sejumlah keuntungan seperti konsumsi BBM yang efisien dan juga emisi gas buang yang lebih baik.

Namun tak hanya sebatas teknologi hybrid-nya, generasi terbaru dari CR-V ini juga benar-benar membaik dari segi suspensi, fitur, dan juga visibilitas pengemudi.

Spesifikasi

Honda CR-V RS e:HEV

Harga: Rp 804,9 juta

Kapasitas mesin: 2.000 cc 4 silinder Atkinson Cycle + motor listrik

Tenaga maksimum: 207 PS

Torsi maksimum: 335 Nm (AW).

#honda-cr-v

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.