Menguji Fitur Smart Drive Di MG HS i-SMART, Tetap Waspada Ibu-ibu Berskuter Matik!

Menguji Fitur Smart Drive Di MG HS i-SMART, Tetap Waspada Ibu-ibu Berskuter Matik!

Saat ini, mobil-mobil sudah semakin canggih dengan dibekali fitur berkendara semi otomatis. Salah satunya mobil MG HS i-SMART yang dibekali dengan fitur Smart Drive atau MG Pilot (advanced driver assistance system/ADAS).

Oleh MG Motor Indonesia disebutkan jika fitur ini memiliki kemampuan yang mendukung kenyamanan, keamanan, serta kewaspadaan berkendara. Bahkan kita dapat berkendara tanpa menekan pedal gas dan rem, atau menentuh setir sekali pun. Hal tersebut diwakili dengan bantuan teknologi buatan yang cerdas.

Memang terdengar advance dan rumit, tapi apakah kita benar-benar sesantai itu dibuatnya? Tentu tidak! Jangan membayangkan Anda bisa tidur-tiduran seperti penumpang saat mengemudikan mobil ini.

Jika terlalu lama melepas setir, mobil akan memberi sinyal peringatan di panel instrument meter

Anda memang bisa jumawa saat bertemu kemacetan dengan fitur Traffic Jam Assist. Karena mobil akan otomatis berhenti dan berjalan sesuai kondisi kendaraan di depan, tanpa menyentuh pedal gas dan rem.

Tapi tunggu sampai ada ibu-ibu berskuter matik yang tiba-tiba melintas di depan Anda. Fitur ini pun langsung menonaktifkan fungsi ADAS secara otomatis. Anda pun wajib waspada. Nah, ini yang harus Anda perhatikan saat memakai fitur tersebut di Indonesia.

Selain itu, fitur seperti Adaptive Cruise Control juga tidak mendeteksi adanya polisi tidur. Sehingga pastikan jika Anda tetap menjaga kecepatan dan kewaspadaan ketika berkendara, semisal di wilayah yang punya polisi tidur. Seperti saat kami mengujinya di Gading Serpong, Tangerang (25/5).

Polisi tidur atau lubang di jalan tidak dapat terdeteksi oleh sistem

 

Lebih jauh, diluar menghadapi handicap ala jalanan Indonesia masih banyak fitur lain yang membantu pengendalian mobil, terutama di jalan tol. Seperti Lane Keep Assist dengan Lane Departure Warning System, Blind Spot Detection, Intelligent High Beam Assist, Intelligent Speed Limit Assist, serta Rear Cross Traffic Alert.

Ada juga Active Emergency Braking yang akan otomatis aktif ketika mobil mendeteksi objek di dekatnya seperti pejalan kaki atau sepeda. Seluruhnya terbilang sangat membantu saat berkendara.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com