Kecele, Ternyata Toyota X Prologue Tak Seperti Yang Diduga. Mobil Seperti Apakah Itu?

Kecele, Ternyata Toyota X Prologue Tak Seperti Yang Diduga. Mobil Seperti Apakah Itu?

Masih segar dari ingatan, belum lama ini Toyota memberi teaser sederhana tentang sebuah mobilnya yang mereka labeli sebagai X Prologue.

Berbagai spekulasi pun kemudian muncul dan menyebutkan bahwa inilah mobil EV murni dari Three Ovale yang akan menjadi pembuka pabrikan Jepang tersebut di kancah persaingan EV dunia.

Sayang spekulasi tersebut terpaksa harus pudar ketika presentasi tentang mobil ini dibuka hari ini (17/03).

Seperti dilansir motor1, Toyota menyebutnya sebagai Aygo X Prologue yang akan disasarkan untuk menggairahkan kembali mobil segmen A yang tengah terkapar di Eropa. Namun disebutkan bahwa crossover termungil Toyota ini didedikasikan sebagai mobil yang difokuskan untuk pasar Eropa, sekaligus menjadi penanda generasi III dari Aygo.

Dari presentasi yang ada masih banyak misteri lain yang belum sepenuhnya terkuak dari mobil yang didesain oleh rumah desain Toyota Eropa. Diperkirakan mobil ini bakalan mengusung mesin 3 silinder bensin yang belum diketahui spesifikasinya dan ditempatkan di bawah supermini Yaris. Informasinya mobil ini didukung oleh platform TNGA-B, sama dengan yang digunakan Yaris.

X-Prologue memiliki bentuk yang cukup futuristis dan punya ciri warna two-tone yang membuatnya tampil lebih agresif. Facia menyambung dengan ciri lampu berwujud C di bagian ujungnya. Sedangkan pada bagian belakang juga menganut desain yang sama yakni lampu yang menyambung dari kanan hingga sisi kirinya. Kaca belakangnya mengingatkan kita pada sosok Honda Brio generasi pertama yang didominasi dengan kaca utuh.

Mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur, salah satu yang menonjol adalah kehadiran action camera bulit-in yang disematkan pada bagian spionnya.

Ian Cartabiano, Presiden Toyota ED² (Toyota European Design Development) mengatakan bahwa Aygo X-Proloque merupakan mobil yang dikembangkan selama masa pandemi. Secara filosofi, mobil ini merupakan mobil urban yang mampu diajak dalam berbagai kegiatan dan tetap nyaman dikendarai dalam berbagai kondisi termasuk perjalanan jauh.

Yang dipresentasikan Toyota hari ini sebatas mobil prototipe saja, namun kabarnya Aygo X Prologue akan melenggang ke jalur produksi pada awal 2022 mendatang.

Walau mobil ini menarik dan unik namun jangan terlalu berharap hadir di pasar Indonesia. 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com