Jeep Commander Diungkap Di India. Inikah Yang Digadang Masuk Indonesia Jadi Rival Fortuner?

Jeep Commander Diungkap Di India. Inikah Yang Digadang Masuk Indonesia Jadi Rival Fortuner?

Fiat Chrysler Automobiles (FCA) mengungkap SUV 7 seater yang diracik dari platform Jeep Compass. Secara global SUV ini akan dilabeli sebagai Commander, tapi kemungkinan di India akan menyandang nama Meridian.

Seperti dikutip dari autocarindia.com, model versi setir kanan akan diternakkan di negeri martabak, tepatnya di fasilitas FCA di Ranjangaon di India. Di tempat ini juga Jeep Compass dirakit dan diekspor secara global.

Desain eksterior Commander cukup kental mengantongi identitas khas Jeep seperti grill tujuh bilah. Sedangkan untuk lampu utamanya cukup modern dengan mengandalkan lampu-lampu LED persegi. Sebagai kendaraan 7 penumpang, secara dimensi Commander lebih panjang dibanding Compass yang diseting sebagai SUV 5 penumpang.

SUV ini bakal mendapatkan asupan fitur yang cukup lengkap dan kekinian. Bagian interior nampak dijejali dengan dasbor modern dengan kluster instrumen digital 10,25 inci yang dipadu bersama dengan sistem infotainment layar sentuh 10,1 inci. Menilik dari trim Overland yang sudah terlebih dulu mengaspal di Brazil. Trim teratas ini dijejali dengan fitur kenyamanan Android Auto nirkabel dan Apple CarPlay, dukungan Amazon Alexa, climate control otomatis, sunroof panorama dan juga kursi berventilasi.

Di antara fitur keselamatan yang ditawarkan, yang paling menonjol untuk disertakan adalah program stabilitas elektronik, kontrol peluncuran dan penurunan bukit, kontrol traksi, dan ADAS (advanced driver assistance system).

Masih mengacu pada model Brazil, Jeep menyiapkan dua pilihan mesin yakni mesin bensin turbo 1.3 liter 184 hp/270 Nm dan unit diesel Multijet 2.0 liter 169 hp/380 Nm. Mesin bensin akan dilayani oleh transmisi matik 6 percepatan, sedangkan untuk diesel mengkaryakan girboks matik 9 percepatan.

Untuk pasar India, mobil ini digadang-gadang sebagai rival Toyota Fortuner dan Ford Endeavour (Everest).

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Beberapa waktu silam pihak PT DAS selaku APM Jeep di tanah air pernah menyampaikan bahwa pihaknya akan mendatangkan unit SUV baru yang memiliki ciri yang sama dengan Commander.

Saat itu memang belum terungkap jelas nama SUV tersebut, namun hanya disebutkan kemungkinan mengusung nama Grand Compass. Jadi bukan hal mustahil jika nama kemudian diganti Commander.

Walau demikian pihak PT DAS pernah mengungkap bahwa mobil yang diimpor utuh dari India ini akan menggunakan mesin bensin 1.4 liter turbo 170 hp yang dikawinkan dengan girboks matik 9 percepatan. Mungkin untuk mesin sedikit melenceng, namun sepertinya pilihan mesin 1.4 turbo juga ada dalam list penghuni engine bay Compass. Dan seperti telah disebutkan di atas, Compass merupakan basik dari pengembangan Commander.

Seperti halnya di India, saat SUV 7 seater ini hadir di Indonesia, PT DAS pun menargetkan rival yang sama, yakni Fortuner dan Pajero Sport.

Markondez

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com