Toyota Avanza FWD Akan Pakai Mesin Sienta?

Toyota Avanza FWD Akan Pakai Mesin Sienta?

Salah satu rumor yang paling hot adalah akan kemunculan generasi penerus Avanza dengan model tarikan roda depan. Kabar yang ada, mobil ini akan muncul eksis pada akhir tahun 2021 nanti.

Walau demikian ada kemungkinan nama Avanza tak lagi ditempelkan, namun diperkirakan model baru ini akan menduduki posisi sebagai penggantinya.

Lalu akan seperti apakah profil mesin dan transmisi yang digunakannya?

Salah satu narasumber terpercaya kami, mengatakan bahwa mobil tersrbut masih mempertahankan tradisi yakni tetap menggunakan mesin 1.500 cc sebagai jantung utamanya.

“Mobil ini akan menggunakan mesin berkode 2NR dan akan punya opsi transmisi CVT,” terangnya.

"Hanya saja belum diketahui detail mesin 2NR manakah yang akan digunakan," imbuhnya. Seperti kita ketahui saat ini Toyota Avanza menggunakan mesin 2NR-VE. Mesin yang dibuat oleh Daihatsu inikah yang akan ditongkrongkan dalam engine bay Avanza? Atau menggunakan mesin 2NR-FE seperti yang dibenamkan pada Toyota Sienta.

Sebagai informasi, walau keduanya menggunakan kode mesin 2NR, namun pada detailnya terdapat perbedaan. Mesin 2NR-VE menggunakan blok mesin dari karbon steel, sedangkan 2NR-FE merupakan mesin yang sepenuhnya dibuat dari alumunium.

Jika dibandingkan keduanya, 2NR-FE punya volume lebih besar 1 cc (1.497 cc), sedangkan 2NR-VE memiliki isi 1.496 cc.

Dari performa pun berbeda, 2NR-VE Dual VVT-i mengeluarkan daya 104 PS/6.000 rpm dan torsi 136 N.m/4.200 rpm. Sedangkan 2NR-FE Dual VVT-i menggelontorkan tenaga 107 PS/6.000 rpm.

Mesin mana yang akan dipakai? Kita tunggu saja informasi selanjutnya.

 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com