SSC North America Tuatara Sah Jadi Mobil Produksi Tercepat di Dunia

SSC North America Tuatara Sah Jadi Mobil Produksi Tercepat di Dunia

SSC Tuatara berhasil memecahkan rekor dunia kecepatan dengan mencatatkan angka 316 mph atau sekitar 508 km/jam. Rekor ini otomatis menumbangkan gelar yang dipegang Koenigsegg Agera RS yang ‘hanya’ mampu mengukir angka 277,87 mph (447,19 km/jam). Keberhasilan ini mengukuhkan Tuatara sebagai ‘The Fastest Production Car’, untuk saat ini.

Dikutip carrandriver, pemecahan rekor tersebut dilakukan di jalanan luar  Las Vegas, Nevada, 10 Oktober 2020 silam.  

Lokasi tes berupa jalan sepanjang tujuh mil (11,2 km) dan pengujian dilakukan dua kali dengan berlawanan arah. Jadi ini merupakan hasil rata-rata yang berhasil dicetak dari dua pengetesan tersebut.

Oliver Webb, seorang pembalap professional yang ditunjuk dalam pengetesan ini. Webb melaju dengan kecepatan 301,07 mph (484.52 km/jam)  dan kemudian dari arah berlawanan mencetak angka 331,15 mph ( 532.93 km/jam). Pengetesan dipantau dan direkam oleh perangkat pengukur GPS khusus dan 15 satelit serta dua saksi bersertifikat. Lebih gendeng lagi, Webb yakin kecepatan Tuatara bisa di atas rekor yang ada, jika kondisi angin yang berhembus dari arah berlawanan lebih sedikit.

Hebatnya rekor ini diukir dengan menggunakan ban jalanan dan bahan bakar regular, alias tidak mengasup bahan bakar khusus balap. Dengan performa yang ada, maka jika Tuatara dilarikan di tol Trans-Jawa, dari arah Jakarta, maka akan sampai di Semarang kurang dari satu jam (tol Jakarta-Semarang 424,5 km).

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com