Mobil Apa yang Paling Laris di Jepang?

Mobil Apa yang Paling Laris di Jepang?

Pasar mobil Indonesia didominasi oleh model-model asal Jepang, seperti Toyota Avanza, Toyota Rush, Mitsubishi Xpander, dan lain-lain. Model-model ini tentunya memiliki dimensi yang cukup besar guna mengakomodasi penumpang yang lega.

Tapi di negara asalnya sendiri, Kei Car justru menjadi yang paling diminati oleh masyarakatnya. Dikutip dari Carscoops (12/1), hal ini dibuktikan rapor penjualan mobil di pasar domestik Jepang. Selama tiga tahun berturut-turut mulai dari Honda hingga Suzuki memiliki line up andalannya di model Kei Car.

Foto: Danu (Motegi)

 

Dan di tahun 2019 lalu, Honda N-Box mengakhiri tahun shio babi sebagai kei car terlaris dengan catatan angka penjualan 253.500 unit. Sedangkan diposisi kedua ada Daihatsu Tanto yang terjual sekitar 175 ribu unit, kemudian diikuti Suzuki Spacia 166 ribu unit dan di posisi ke empat Nissan Dayz sekitar 160 ribu unit.

Berbicara mengenai mobil terlaris di Jepang, sejak pertama kali diluncurkan di tahun 2011, N-Box telah terjual sebanyak 1,7 juta unit. Tak hanya di tahun 2019, N-Box juga merupakan kei car terlaris sejak awal diproduksi.

Foto: Biondi

 

Honda N-Box ditenagai oleh mesin berkapasitas 658 cc 3 silinder turbo dengan tenaga mencapai 58 ps. Mobil ini hanya hadir dalam pilihan transmisi CVT.

Sekilas tentang kei car, pemerintah Jepang membuat kategori mobil ini dan dicanangkan pada tahun 1949 oleh pemerintah. Aturan kei car harus memiliki mesin dengan kapasitas maksimum 660 cc dan daya maksimum 64 ps. Selain itu, dimensi mobil tidak boleh lebih dari panjang 3.400 mm dan lebih lebar dari 1.480 mm.

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com