DKI Jakarta Bukanlah Penyumbang Penjualan Terbesar Honda

DKI Jakarta Bukanlah Penyumbang Penjualan Terbesar Honda

Penjualan mobil Honda mulai mengalami tren positif pada Oktober 2020. Berdasarkan data penjualan retail yang diinformasikan Honda Prospect Motor, pada Oktober ini Honda membukukan total retail sebesar 6.561 unit.

Angka itu naik 12,4 persen bila dibandingkan pada September 2020 lalu yang hanya 5.835 unit. Sementara bila diakumulasikan sejak Januari lalu hingga Oktober 2020, penjualan retail mobil Honda sudah menorehkan 62.109 unit.

Namun ada yang menarik, karena DKI Jakarta bukanlah menjadi penyumbang penjualan terbesar. Justru Jawa Tengah lah yang menorehkan angka terbesarnya.

Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), kontribusi penjualan Honda justru didominasi oleh wilayah Jawa Tengah dengan pertumbuhan 17 persen. Disusul Jawa Barat dengan 13 persen, dan luar Pulau Jawa sebesar 13 persen.

Sementara untuk Jabodetabek yang biasanya memiliki pertumbuhan kontribusi penjualan sangat baik, justru hanya mengalami peningkatan kontribusi sebesar 10 persen saja.

"Jawa Tengah itu cenderung stabil ya, kalau dibandingkan kontribusi Jabodetabek itu cenderung fluktuatif ya. Karena pengaruhnya banyak ya, seperti kemarin demo lalu ada PSBB. jadi cenderung tidak stabil," ucap Billy pada acara virtual media conference, Senin (16/11).

Lanjut Billy, sebelumnya penjualan mobil Honda di Jakarta sempat mengalami peningkatan kontribusi cukup tinggi pada Juni - Juli 2020. Hanya saja, adanya PSBB ketat jilid 2, demonstrasi, membuat sebagian besar warga Ibukota, kembali menahan diri untuk membeli mobil baru.

"Jadi tiba-tiba ada rem darurat PSBB, (penjualan) langsung drop lagi, Demo, kemudian juga termasuk isu tentang pajak 0 persen, Jakarta yang sangat berdampak drop. Jadi, memang market di Jakarta dan Jabodetabek ini sangat sensitif dibandingkan dengan di daerah Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur yang cenderung stabil dan tidak terlalu terpengaruh dengan hal-hal tadi," tutup Billy.

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com