Sejarah Singkat Hatchback Di Indonesia, Sempat Dominan, Kini Mulai Ditinggal

Sejarah Singkat Hatchback Di Indonesia, Sempat Dominan, Kini Mulai Ditinggal

Hatchback merupakan sebuah tipe mobil berbasis sedan namun dibuat lebih kompak dengan pintu bagasi yang menyatu dengan kaca belakang. Model ini masih terbilang cukup eksis di Indonesia meski mulai tergerus oleh model-model lain seperti MPV bahkan SUV.

Menilik sedikit sejarahnya, hatchback pertama kali dipopulerkan oleh Toyota Starlet yang dipasarkan pada era 80 hingga 90-an. Hatchback ini begitu laris di pasaran karena kepraktisan dan juga merek yang diembannya.

Toyota Starlet EP81Peugeot 206

Pada awal tahun 2000-an, salah satu pemain merek asal perancis, Peugeot pun ikut terjun ke dalam pasar hatchback dengan model 206 yang dinilai modern. Peugeot 206 pun cukup laris sebagai sebuah hatchback modern namun nasib 206 berubah ketika dua raksasa Jepang menghadirkan model hatchback yang menjadi senjata pembunuh Peugeot 206, yakni Honda dengan Jazz dan Toyota dengan Yaris.

Layaknya pesaing tangguh, kedua model ini terus bersaing hingga kini. Penjualan kedua medium hatchback ini saling memimpin. Padahal, ada beberapa model hatchback yang juga dipasarkan di tanah air, seperti Volkswagen Polo, Suzuki Swift, Suzuki Baleno Hatchback, Mazda2, dan lain-lain. Tetap saja Jazz dan Yaris lah yang menjadi penguasanya.

Namun tidak bisa dipungkiri, bahwa minat masyarakat mulai menurun terhadap hatchback di Indonesia. Tentu hal ini disebabkan oleh lahirnya model Compact SUV yang desainnya tidak kalah sporty dengan hatchback  namun menawarkan daya akomodasi lebih. Selain itu, kehadiran LMPV yang makin variatif membuat hatchback seakan menjadi pilihan alternatif untuk konsumen mobil di Indonesia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com