Charging Station di Beijing Lebih Banyak daripada Jumlah SPBU di Indonesia

Charging Station di Beijing Lebih Banyak daripada Jumlah SPBU di Indonesia

Beijing menjadi kota yang kian ramah untuk mobil listrik. Bagaimana tidak, di ibu kota negara Cina itu terdapat lebih dari 200 ribu titik pengisian daya untuk kendaraan bertenaga setrum. Termasuk untuk mobil listrik.

Mengutip dari China Daily, tepatnya terdapat 200.900 titik pengisian daya kendaraan listrik di Cina yang merupakan kombinasi tempat pengisian daya pribadi dan stasiun pengsian daya umum (SPKLU). Lebih detail lagi disebut, ada 152.600 unit pengisian daya milik pribadi --umumnya diletakan di tempat parkir pemilik kendaraan-- dan 48.300 stasiun pengisian daya di tempat umum seperti mall, super market, gedung perkantoran dan pool taksi.

(Baca juga: Sudah Cukupkah Daya Rumah Anda Untuk Mobil Listrik?)

Foto: Jason - Jakarta

 

Jika mau dibandingkan, jumlah SPBU di seluruh wilayah Indonesia saja baru ada sekitar 6.500 unit. Artinya kalaupun semua SPBU itu nantinya berubah menjadi stasiun pengisian daya kendaraan listrik, jumlahnya masih kalah jauh dibanding satu kota di Negeri Tirai Bambu.

Adapun pengadaan infrastruktur kendaraan listrik besar-besaran ini dilakukan, terkait dengan 'rencana aksi udara bersih kota Beijing' untuk periode 2018-2020. Hadirnya banyak stasiun pengisian daya di ibu kota ini, diharapkan dapat mendorong misi Kementerian Industri dan Teknologi Informasi Cina untuk mengalihkan 25 persen penjualan mobil baru pada tahun 2025 ke mobil listrik.

Sementara itu berdasar laporan pertengahan tahun 2019 kemarin, jumlah SPKLU di seluruh daratan Cina mencapai 1 juta unit.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com