Alasan Nissan-Datsun Berhenti Produksi di Indonesia

Alasan Nissan-Datsun Berhenti Produksi di Indonesia

Setelah satu pabriknya tutup lebih dahulu pada September 2019, kini giliran pabrik Nissan yang memproduksi Datsun di Indonesia ditutup. Hal tersebut merupakan keputusan langsung dari prinsipal Nissan.

"Ini adalah bagian dari rencana optimisasi yang mencakup rightsizing, optimasi produksi dan reorganisasi operasi bisnis," ujar Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Isao Sekiguchi menyebut alasannya dalam keterangan resmi yang kami terima, Senin kemarin (23/3).

Ia menambahkan, sejumlah perubahan strategis dirancang untuk membangun basis operasional yang akan memastikan profitabilitas yang konsisten dan berkelanjutan dalam jangka menengah. Dan ia memastikan akan terus bekerjasama dengan mitra aliansinya di Indonesia untuk memastikan footprint manufaktur di Indonesia.

 

"Kami terus berfokus untuk memperkuat merek Nissan di Indonesia dengan terus menghadirkan model-model baru," tambah Isao.

Hal tersebut diperkuat oleh Head of Communication NMI, Hana Maharani. Ia menyebut dengan ditutupnya pabrik tersebut, maka NMI sudah tidak lagi memproduksi mobil merek Datsun. Selain itu, ia juga menegaskan bahasa penutupan pabrik itu lebih tepatnya adalah penghentian produksi.

"Kita sudah tidak produksi model-model Datsun lagi. Lebih tepatnya, kita menghentikan produksi kendaraan (bukan tutup pabrik)," jelasnya saat dihubungi OtoDriver.

Sebagai informasi, Nissan memiliki dua pabrik pembuatan mobil di Indonesia. Lokasinya berada di Kawasan Industri Kota Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat. Satu dari kedua pabrik tersebut digunakan untuk memproduksi mobil merek Datsun.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com