Sensasi Off-Road Menggunakan Mahindra Thar

Sensasi Off-Road Menggunakan Mahindra Thar

Salah satu kegiatan kami dalam kunjungan ke India atas undangan Mahindra & Mahindra Ltd adalah melakukan kegiatan off-road di fasilitas pusat pelatihan off-road Mahindra Adventure Offroad Training Academy yang terletak di Igatpuri.

OtoDriver dan beberapa rekan jurnalis berkesempatan untuk mencoba beberapa lintasan trek yang disediakan oleh Mahindra dengan menggunakan SUV Mahindra Thar.

Menilik dari penampilannya, SUV ini bagaikan kapsul waktu yang membawa ingatan kita pada mobil lansiran Jeep pada tahun 50-an hingga pertengahan 80-an.  Sontak OtoDriver menyebutnya sebagai si tuan Takur yang namanya selalu jadi bagian dari layar Bollywood.

“Kita berkesempatan untuk menjajal langsung Mahindra Thar yang merupakan SUV yang cukup bisa dihandalkan di berbagai daerah dengan kondisi alam yang keras di India,”  terang Manish Sarser, Head Mahindra Off-road Training Facility dalam sambutannya. Manish mengatakan bahwa Thar merupakan SUV konvensional tanpa ada campur tangan fitur-fitur off-road cerdas.

Dan benar saja, kesan pertama pada mobil yang mengawali debutnya pada 2010 silam ini merupakan sosok yang jauh dari kata canggih. Mobil ini punya tranfercase 2 speed dengan pilihan rasio High dan Low yang dioperasikan secara manual.

Saat tuas tranfercase ditempatkan ada posisi 4 Low, maka sensasi mobil ini sebagai kendaraan off-road sejati mulai tampak. Mobil ini punya crawling ratio yang cukup membawanya untuk merayap perlahan di medan terjal baik itu posisi menanjak ataupun menurun. Torsi mesin diesel turbonya pun dapat dikail pada kitiran mesin yang cukup rendah.

Salah satu handikap yang harus dilalui adalah turunan tajam yang bisa dilakukan dengan sangat baik. Begitupun dengan tanjakan tajam dan berliku di mana kinerja mesin dan gir dapat mengatasinya dengan baik.

Hanya saja Independen Front Suspensionnya justru menjadi hambatan tersendiri bagi mobil ini dengan menghadirkan travel suspensi depan yang pendek cukup membatasi gerak mobil terutama saat menghadapi jalan yang berkontur tidak rata. Ditambah lagi dengan ketidaktersediaan limited slip differential ataupn differential lock cukup membatasi pergerakan saat mobil kehilangan traksi.

Walau tak cukup waktu, namun dapat ditarik kesimpulan bahwa Thar merupakan off-roader yang cukup menyenangkan dan fun dengan segala keterbatasanya.

Kelebihan 

Rendah biaya perawatan

Irit bahan bakar

Handal untuk off-road

Harga terjangkau

Kekurangan 

Tidak nyaman 

Material kasar

Bentuk tidak proposional

Hanya tersedia atap lunak

Spesifikasi

Mesin  : 2500 cc Turbo diesel commonrail

tenaga : 105 Hp

torsi     : 247 Nm

Penggerak 4 roda part-time

 

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com