Sejarah Baru Corolla Setelah Puluhan Tahun Eksis di Indonesia

Sejarah Baru Corolla Setelah Puluhan Tahun Eksis di Indonesia

All New Corolla Altis telah resmi diluncurkan oleh Toyota Astra Motor (TAM) untuk pasar Indonesia. Generasi terbaru dari Corolla ini diperkenalkan dengan banyak ubahan terutama dari sisi teknologi dan mesin. Tentunya sedan legendaris ini telah diberi misi elektrifikasi Toyota dengan adanya opsi mesin hybrid dalam variannya.

Anton Jimmi Suwandi selaku Direktur Pemasaran TAM memang mengedepankan empat pengembangan pada All New Corolla Altis ini. Empat pengembangan itu antara lain dari sisi gaya, performa berkendara, keamanan dan elektrifikasi.

Ubahan paling terlihat secara pandangan mata terdapat pada sisi eksterior terutama pada bagian muka. All New Corolla Altis terlihat menggunakan dua buah lampu yang berukuran minimalis. Lampu itu langung bersanding dengan bamper yang agresif serta grill yang besar. Sementara di bagian belakangnya All New Corolla Altis memiliki bentuk yang hamper sama dengan Toyota Camry, hanya saja di bagian bumper lebih sporty.

Interior dari All New Corolla Altis tampak begitu futuristik. Tampilan futuristik itu dapat dilihat dari floating head unit yang dihadirkan Toyota pada Corolla generasi ke-12 ini. Ditambah layar instrument yang dibagi menjadi tiga bagian serta pengaturan AC yang sudah digital.

Pada bagian struktur, All New Corolla Altis telah mengusung platform terbaru Toyota yakni Toyota New Global Architecture. Selain itu pada model hybridnya, musuh Honda Civic ini juga telah memiliki fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS). Sayangya teknologi TSS tidak dihadirkan pada varian bermesin bensin.

TSS sendiri mencakup beberapa fungsi keselamatan baru yang melengkapi keselamatan standar dari All New Toyota Corolla Altis. Beberapa fitur yang terdapat pada TSS antara lain adalah Pre-Collison System, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert dan Automatic High Beam.

Selain itu penambahan pilihan mesin hybrid juga membuat mobil ini menjadi Corolla pertama yang punya jantung penggerak ganda. Ini merupakan tinta emas dalam goresan sejarah Corolla yang eksis di tanah air sejak puluhan tahun lamanya.

Mesin yang dipakai pada Corolla Altis ini telah menggunakan teknologi hybrid generasi keempat kebanggaan Toyota. Unit berkode 2ZR-FXE ini dipadukan dengan motor listrik P610 transaxle dan menghasilkan tenaga 95 ps plus 72 ps serta torsi 141,9 plus 157 Nm (mesin ditambah motor listrik).

Selain hybrid, ada varian G dan V yang ditawarkan untuk pasar Indonesia, yang menggunakan mesin konvensional alias berbahan bakar bensin. Unitnya berkapasitas 1.800 cc 4 silinder dengan kode 2ZR-FE, sama dengan model sebelumnya. Didukung dengan transmisi CVT, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 140 ps serta torsi 171 Nm. 

Menyoal harga, TAM memasarkan All New Corolla Altis dengan harga Rp 468,2 juta untuk varian G A/T, varian V CVT ditawarkan dalam harga Rp 489,3 juta, sedangkan untuk All New Toyota Corolla Hybrid ditawarkan dalam harga Rp 566,3 juta.

 

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com