Agar Optimal dan Cemerlang, Nyemir Ban Pun Perlu Taktik

Agar Optimal dan Cemerlang, Nyemir Ban Pun Perlu Taktik

Ban yang selalu bersih dan hitam mengkilap akan mendongkrak penampilan mobil. Salah satu cara yang efektif untuk tampil klimis adalah dengan menggunakan semir ban. Yang paling populer adalah jenis semir ban dengan bahan silikon.

Hanya saja, supaya semir ban berbasis bahan silikon ini dapat benar-benar cemerlang saat digunakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan penyemiran.

“Pada dasarnya ban harus benar-benar bersih dari tanah ataupun debu yang melekat. Terlebih dulu harus dicuci dengan bersih dan apabila noda sudah membandel silakan menggunakan sabun colek yang dilarutkan dengan sedikit air,” terang Dicky dari Arland Garage yang banyak berkutat dengan restorasi mobil tua, berbagi tips.

“Dinding ban digosok hingga bersih dan dibiarkan kering terlebih dulu. Hal ini ditujukan supaya kita bisa melihat dengan lebih mudah bagian mana yang belum benar-benar bersih dari noda,” lanjutnya.

“Bila kondisinya sudah bersih dan kering silahkan lanjutkan dengan proses penyemiran yang dilakukan dengan mengoleskan bahan pengkilat dengan menggunakan kuas,” imbuhnya.

Dicky mengatakan sebaiknya hanya menyemir dinding ban saja, jika mobil akan segera digunakan. Jangan olesi semir ban pada telapak ban, karena akan licin. Sebenarnya tidak ada masalah menyemir telapak ban asal sesudahnya dibiarkan beberapa waktu setelah semir mulai mengering dan tidak berefek licin pada permukaan ban.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com