Mobil Baru Menteri Jokowi Pakai Toyota Bermesin Hybrid

Mobil Baru Menteri Jokowi Pakai Toyota Bermesin Hybrid

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive terpilih menjadi mobil dinas para menteri kabinet Jokowi dengan masa jabatan 2019-2024. Sesuai dengan namanya yang diberi embel-embel 'HV', mobil ini menggunakan teknologi mesin hybrid.

Berdasar keterangan resmi dari Kementerian Sekretariat Negara, keputusan ini adalah hasil dari tender umum dari beberapa penyedia yang memasukan penawaran. PT Astra International dinyatakan sebagai pemenang. Sehingga Toyota Crown 2.5 HV G-Executive ditetapkan sebagai pengganti Toyota Crown Royal Saloon.

Dijelaskan juga kalau akan dilakukan pengadaan sebanyak 101 unit Toyota Crown Hybid ini yang diperuntukan bagi pejabat setingkat menteri, pimpinan lembaga negara, mantan presiden, dan mantan wakil presiden. 

Foto: Danu

 

Melihat spesifikasinya yang dirilis di , secara dimensi, ukuran mobil ini 4.910 mm x  1.800 mm x 1.455 mm (pxlxt) dengan sumbu roda 2.920 mm.


Sementara itu soal jantung penggerak, mobil ini menggunakan mesin 2.500 cc dengan Dynamic Force Engine Hybrid System yang dikawinkan dengan transmisi CVT dengan sistem penggerak semua roda (awd).Di atas kertas mesin ini mampu menghasilkan tenaga 223 dk dan torsi maksimum 221 Nm.

Mesin dengan teknologi ramah lingkungan ini membuat konsumsi bahan bakarnya mencapai 19,4 km/l.

 

Bagian dalam kabinnya dibuat dengan tampilan mewah lewat aksen kayu dan penggunaan jok kulit. 

Sementara soal fitur keselamatan, paket Toyota Safety Sense II yang mencakup Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist (LTA), Automatic High Beam, Adaptive High Beam System sudah ada di mobil ini. Selain itu mobil ini juga dilengkapi Road Sign Assist, Intelligent Clearance Sonar, dan Rear Cross Traffic Auto Brake. Untuk pertama kalinya, Toyota juga mengadopsi fitur Rear Pedestrian Support Brake.

Di negara asalnya, Jepang, Crown Hybrid ini dilabeli harga 5,837 juta yen atau sekitar Rp 782 juta. Namun tentunya jika masuk Indonesia harganya akan membengkak beberapa kali lipat mengingat adanya beragam pajak.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com