Masih Terlibat Skandal Tes Keselamatan, Kali Ini Toyota Hentikan Peredaran 3 Model Baru Termasuk Yaris Cross

Penulis: Ahmad Biondi
Rabu, 5 Juni 2024 06:00 WIB
Berita - Masih Terlibat Skandal Tes Keselamatan, Kali Ini Toyota Hentikan Peredaran 3 Model Baru Termasuk Yaris Cross
Bagikan ke:
Toyota Motor Corporation (Toyota) menghentikan penjualan tiga model yang diproduksi di Jepang, seperti Corola Fielder, Corolla Axio, dan Yaris Cross.

OTODRIVER - Toyota Motor Corporation (Toyota) menghentikan sementara pengiriman dan juga penjualan tiga model yang diproduksi di Jepang, seperti Corola Fielder, Corolla Axio, dan Yaris Cross.

“Pada bulan Januari tahun ini, kami mengumumkan Visi Grup Toyota Menciptakan jalan ke depan, bersama-sama. Kami akan terus berupaya menciptakan mobil yang lebih baik lagi,” tulis laman resmi TMC pada Selasa (3/6).

“Sekali lagi, kami menyampaikan permintaan maaf yang tulus kepada pelanggan dan pemangku kepentingan kami,” lanjut keterangan resmi tersebut.

Keterangan resmi tersebut meyakinkan bahwa pihaknya akan terus memberikan penjelasan rinci kepada pihak berwenang dan mempercepat tindakan yang tepat, termasuk melakukan pengujian di hadapan saksi.

Dalam kasus ini, Toyota menyatakan telah menyelidiki permohonan sertifikasi untuk modelnya sesuai instruksi dari Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLIT) pada 26 Januari tahun ini.

Hingga saat ini, pihak TMC menyampaikan bahwa uji coba tersebut masih berlangsung. Uji coba tersebut termasuk beberapa yang sudah dihentikan produksinya sejak tahun 2014, diuji menggunakan metode yang berbeda dari standar pemerintah dan pihaknya telah melaporkan hal tersebut ke MLIT pada tanggal 31 Mei.

Permohonan sertifikasi model yang dimaksud, tidak memadai data dalam uji perlindungan pejalan kaki dan penumpang untuk tiga model produksi tersebut dan juga terdapat kesalahan dalam uji tabrak dan metode pengujian lainnya untuk empat model yang dihentikan seperti Crown, Isis, Sienta, dan RX di Jepang.

Foto - Masih Terlibat Skandal Tes Keselamatan, Kali Ini Toyota Hentikan Peredaran 3 Model Baru Termasuk Yaris Cross
Sienta terkena kasus skandal tes uji keselamatan

“Kami dengan tulus meminta maaf atas segala kekhawatiran atau ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada pelanggan dan pemangku kepentingan kami yang telah menaruh kepercayaan mereka pada Toyota,” lanjut keterangan tersebut.

“Kami menganggap serius masalah ini ditemukan di Toyota menyusul ditemukannya masalah sertifikasi baru-baru ini di Hino Motors, Ltd. dan Daihatsu Motor Co., Ltd. dan Toyota Industries Corporation,” lanjutnya. (AB)

#toyota #yaris #jepang

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.