Catatan OtoDriver Dalam Pengujian CMBS Honda N Box

Catatan OtoDriver Dalam Pengujian CMBS Honda N Box

Dalam beberapa bulan terakhir, OtoDriver setidaknya telah tiga kali mendapat kesempatan mencicipi fitur pengereman otomatis. Pada Honda disebut Collision Mitigation Brake System (CMBS) sedangkan pada Daihatsu disebut Smart Assist.

Pengujian yang paling terkini adalah menggunakan Honda N Box di kawasan sirkuit Motegi, Jepang beberapa pekan lalu. Kami dipersilakan melesatkan mobil bertampang unik ini di sebuah trek lurus.

Foto: Danu (Motegi)

 

"Tekan pedal gas sampai jarum menunjukkan 30 km/jam kemudian lepas, jangan injak pedal rem, ya!," tukas Fujikai-san selaku Advance Driver Assistance System Engineer Honda yang mendampingi kami melakukan pengujian seru ini.

Bagi yang tak terbiasa, atau belum pernah menggunakan fitur ini, mungkin akan timbul rasa tak takut untuk tak menekan pedal rem. Pasalnya kami diwajibkan melesatkan Honda kei car ini di trek lurus dengan sebuah miniatur mobil ukuran asli menunggu dalam posisi diam.

Sebelum dipersilakan mengemudi, OtoDriver mendapat contoh singkat dari Fujikai-san, Advance Driver Assistance System Engineer Honda

 

Miniatur berbahan gabus tersebut mensimulasikan kondisi rem mendadak yang dilakukan mobil di depan kita saat berada di jalanan sungguhan. 

Mobil bertransmisi matic yang kami kemudikan sudah melesat dalam 29 km/jam seketika Fujikai-san berseru memerintah "pedals off!". Karena tak setiap hari OtoDriver mengemudi mobil berfitur seperti CMBS ini maka ada rasa tak percaya diri juga. Bayangan akan sistem ini tak bekerja dan membuat mobil bertampang imut ini menghantam miniatur lamat-lamat terlintas di benak kami.

Foto: Danu (Motegi)

 

Jelang beberapa meter dari "objek tabrak" audio peringatan potensi bahaya yang merupakan bagian dari CMBS berbunyi nyaring. Hanya kurang dari satu meter dari mobil miniatur, dada terasa agak sesak karena seatbelt otomatis lebih kencang dan mobil berhenti.

"Walau sudah berhenti, peran pengemudi tetap dibutuhkan. Anda harus kembali injak rem penuh agar mobil ini berhenti total," tukas Fujikai-san dengan santainya.

Jadi, kerja CMBS sendiri memang hanya membantu pengereman dalam kondisi mendadak. Hal ini tentu sangat membantu dalam menghindari kecelakaan tabrak depan saat pengemudi tak sempat melalukan pengereman.

OtoDriver membiarkan CMBS bekerja, kaki tak menyentuh pedal apapun

 

Saat CMBS telah bekerja dan mobil berhenti, Anda harus menekan rem karena mobil tetap akan menggelinding pelang. Hal ini karena kerja CMBS selesai setelah mobil berhenti saja. 

Dari pengujian yang kami lakukan, CMBS juga tak akan aktif manakala saat "objek tabrak" sudah dekat namun pengemudi melakukan pengereman, walau sedikit.

Di tanah air, model Honda yang sudah menganut CMBS adalah Accord generasi terbaru. 

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com