Profil Mitsubishi Outlander PHEV dan i-Miev Untuk Kemenperin

Profil Mitsubishi Outlander PHEV dan i-Miev Untuk Kemenperin

Mobil ramah lingkungan yang diberi Mitsubishi untuk Kementerian Perindustrian (Kemenperin) adalah Outlander PHEV dan i-Miev. Keduanya menganut sistem sumber tenaga yang berbeda. 

Untuk Outlander, tanpa "Sport", masih menggendong mesin berbahan bakar bensin dengan kubikasi 2.000 cc. Dapur pacu berteknologi MIVEC ini bisa menghasilkan 118 ps dengan torsi 186 Nm. Nah, menariknya ia dilengkapi dua motor listrik masing-masing untuk penggerak roda depan dan belakang.

 

Masing-masing motor listrik itu mampu menghasilkan 82 ps. Sedangkan untuk torsi berbeda-beda. Motor di roda depan menghasilkan 137 Nm sedangkan motor di roda belakang bisa menghasilkan 195 Nm. Outlander yang hanya punya pedal gas dan rem ini menganut sistem penggerak bernama Super All Wheel Control. 

Untuk mengisi daya sebuah baterai berjenis Lithium-ion yang dimiliki SUV 5 penumpang ini ada dua pilihan. Opsi pertama memakan waktu sekitar 5 jam untuk baterai-nya sampai penuh. Sedangkan quick charging-nya hanya perlu 25 menit, tapi maksimal pengisian hanya 80%.

 

Mitsubishi Outlander PHEV memiliki kecepatan maksimal 200 km/jam dan mampu menempuh jarak 800 km dengan kombinasi bahan bakar bensin dan tenaga listrik, sedangkan jika hanya menggunakan tenaga listrik (full EV) mampu menjelajah 55 km.

Lantas bagaimana dengan Mitsubishi i-Miev? Mobil mungil ini bermesin full listrik, tak ada mesin pembakaran dalam sama sekali yang dibawanya. i-Miev menggendong baterai jenis Lithium-ion dengan voltase 330 volt dan energi 16 Kwh untuk menggerakkan motor listrik.

 

Sistem mesin listrik ini tercatat mampu menghasilkan tenaga 65 dk dan torsi 196 Nm. Dengan mesin listrik ini, dalam kolom spesifikasi tercatat top speed di angka 130 km/jam. Tersedia dua metode pengisian baterai. Pengisian normal untuk charging di rumah, memakan waktu 8 sampai 10 jam sedangkang fitur quick charging-nya perlu 30 menit. Dengan kondisi full charge listrik, i-Miev mampu menempuh jarak 120 km.

Salah satu keunggulan mobil 2WD ini tentu adalah dimensinya yang kompak. Mitsubishi i-Miev hanya berbobot 1.450 kg dengan panjang keseluruhan 3.475 mm dan lebarnya 1.475 mm. Dengan wheelbase yang hanya 2.550 mm, radius putar i-Miev adalah 4,5 meter. 

 

 

Danu

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com