Persaingan Avanza VS Xpander di Paruh Pertama 2019

Persaingan Avanza VS Xpander di Paruh Pertama 2019

Pasar Low Multi-Purpose Vehicle (LMPV) di Indonesia masih sangat menggiurkan. LMPV memang kerap dipilih konsumen karena menunjang berbagai kebutuhan konsumen Indonesia. Dari segi spek, daya angkut dan tentunya harga, LMPV jadi incaran favorit masyarakat Indonesia.

Saat ini di pasar Indonesia, segmen LMPV diisi oleh berbagai macam brand, seperti Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Nissan, Honda, Wuling, Suzuki dan Renault. Namun dari semua brand mobil itu terdapat dua nama produk LMPV yang selalu menjadi perbincangan utama, yakni Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza. Keduanya kerap bersaing selama beberapa bulan terakhir, ditambah awal tahun ini Toyota mengeluarkan Avanza yang lebih segar.

APA SAJA MOBIL TERBARU 2019? CARI TAHU DI SINI

Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Toyota Avanza masih memimpin pasar LMPV hingga paruh pertama tahun 2019. Toyota New Avanza terjual sebanyak 37.227 unit dari Januari hingga Juni 2019 ini, sedangkan Mitsubishi Xpander hanya berhasil terjual sebanyak 32.652 unit. Artinya Xpander yang acap disebut sebagai ‘Avanza Killer’ masih belum mampu menyusul penjualan Avanza di separuh tahun 2019 ini.

Walaupun kalah dengan selisih yang cukup jauh secara penjualan wholesale, yaitu 5.000 unit, ternyata Xpander sempat memimpin pasar pada beberapa bulan di awal 2019. Tercatat Xpander pernah lebih unggul pada Januari, Februari, Maret dan Juni.

Pada Januari Xpander mengungguli Avanza dengan penjualan 5.708 unit, sedangkan Toyota Avanza terjual 5.498 unit. Di bulan Februari Xpander terjual sebanyak 5.532 unit dan Avanza memiliki selisih tipis yakni 5.434 unit. Kemudian bulan Maret Xpander terjual 8.115 unit, Avanza hanya 7.946 unit. Lalu bulan Juni Mitsubishi berhasil menjual 4.624 unit Xpander sedangkan Avanza hanya 3.266 unit.

Dari data di atas terlihat Avanza sempat tertinggal di awal-awal tahun 2019. Padahal pada awal tahun 2019 Toyota meluncurkan Avanza terbaru dengan model Faceliftnya. Sedangkan Mitsubishi Xpander telah lama diperkenalkan sejak pertengahan tahun 2017 lalu dan hingga kini belum ada versi facelift-nya.

INTIP MITSUBISHI XPANDER TIPE ULTIMATE DI SINI

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com