Komparasi Spek Mitsubishi Eclipse Cross VS Mazda CX-3

Komparasi Spek Mitsubishi Eclipse Cross VS Mazda CX-3

Mitsubishi telah memperlihatkan wujud Eclipse Cross tanggal 9 Juli yang lalu ke awak media nasional dan kabarnya mobil ini akan diperkenalkan ke publik saat Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Menyandang status sebagai sebuah compact SUV atau bisa juga disebut crossover, Eclipse Cross menyasar pasar yang sedang naik daun di tanah air dan berpotensi menjadi yang terbaik di kelasnya dengan segala keunggulannya.

Saat resmi dijual di Indonesia, maka Eclipse Cross bisa berhadapan langsung dengan Mazda CX-3 yang notabene lebih dahulu bersaing di kelas tersebut. Berikut perbandingan keduanya.

 

Mesin

Mazda CX-3 yang lebih dahulu hadir mengusung mesin SkyActiv-G 2.000 cc yang mampu mengais tenaga sebesar 149 ps pada rpm 6.000 dan memiliki torsi puncak 195 Nm di putaran mesin 2.800 rpm.

Hal berbeda coba diterapkan Mitsubishi dengan menghadirkan mesin yang lebih kecil namun dengan turbo, Mivec 1.500 cc. Kendati kubikasi 'sang gerhana' lebih kecil namun punta tenaga yang tidak kalah bersaing, karena mampu menembus 150 ps pada rpm 5.500 dengan torsi sebesar 250 Nm di putaran mesin 2.000-3.500 rpm.

Dengan demikian, performa mesin Eclipse Cross lebih baik ketimbang Mazda CX-3 dalam hal tenaga dan torsi. Selain itu kapasitas mesin yang lebih kecil memungkinkannya lebih irit bahan bakar.

Baca juga: Mitsubishi Klaim PHEV Paling Cocok Untuk Indonesia

Dimensi

Meski diposisikan di bawah Outlander Sport, namun nyatanya Eclipse Cross memiliki dimensi yang cukup besar. Panjangnya mencapai 4.405 mm dengan lebar 1.805 mm, tinggi 1.674 dan memiliki wheelbase 2.670 mm.

Sementara Mazda CX-3 lebih compact, dengan panjang 4.275 mm, lebar 1.765 mm, tinggi 1.535 mm dan wheelbase 2.570 mm. Berbicara dimensi, Eclipse Cross terlihat lebih besar dengan catatan yang unggul di segala sisi.

 

Fitur

Di kelasnya CX-3 memiliki fitur terlengkap, hadir dengan fitur keselamatan standar seperti EBD, ABS, BA, Traction Control, Stability Control, Hill Start Assist dan line departure warning. Eclipse Cross juga memiliki fitur tersebut, kemudian juga sudah dilengkapi head up display seperti Mazda CX-3.

Satu hal yang menonjol dari Eclipse Cross adalah cara pengoperasian head unitnya bisa dengan touchpad controller yang tersedia di konsol tengah.

Harga

Mazda memasarkan CX-3 tipe touring seharga Rp 407,3 juta, sementara untuk tipe GT dijual Rp 456,7 juta. Hanya saja, Mitsubishi belum merilis harga resmi Eclipse Cross yang kabarnya baru terjadwal saat GIIAS nanti. Namun diprediksi harganya tidak akan semahal Mazda CX-3.

Mitsubishi Indonesia sendiri dalam sesi perkenalan Eclipse Cross Selasa (9/7) lalu mengatakan bahwa harga compact SUV-nya ini tak akan melampaui Rp 500 juta. Dengan harga tersebut, Mitsubishi menargetkan konsumennya adalah dari kalangan menengah ke atas. 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com