FIRST DRIVE: MINI Cooper John Cooper Works

FIRST DRIVE: MINI Cooper John Cooper Works

Pabrikan asal Inggris yang bernaung dibawah BMW Group ini menghadirkan model terbaru New Mini John Cooper Works di GIIAS 2015 kemarin. Penampilannya semakin sporty agar terlihat sebagai Mini yang lebih 'balap', dengan menyematkan lubang udara besar, juga sebagai indikasi kebutuhan pendingin untuk mesin yang tenaganya besar ini.

Selain itu peran lampu LED yang dikelilingi driving light ring agar mendistribusikan cahaya lebih efektif saat melintas di tikungan yang gelap pada malam hari, serta kondisi cuaca yang buruk. Tidak cukup hanya dipersepsikan dari luar saja.

Saat berada di dalam, aura kental sporty khas JCW memang cukup meningkatkan adrenalin. Jok terbaru dengan sandaran kepala menyatu lebih terasa harmonis dibalut kulit yang dikombinasi hitam dan merah. Mendefinisikan karakter JCW yang berkontribusi pada performa, JCW seharga Rp 829 juta ini memiliki Head Up Display (HUD) di balik roda kemudi. Peranti ini berfungsi, menampilkan informasi kecepatan, arah navigasi, serta posisi transmisi dan putaran mesin bertampilan warna. 

Semakin seru saja nih. Setelah menyetel posisi duduk sesuai postur saya yang 170 cm dengan berat 69 kg, sisa ruang masih terasa luas. Pegangan tuas transmisi juga tetap seperti mini pada biasanya. Namun ketika menginjak pedal gas mulai dari diam entakannya sangat terasa. Mesin ini memang terasa lebih berperforma dobanding Cooper S sekalipun.

Mengusung mesin empat silinder berkapasitas 2.000 cc generasi terbaru dengan Twinpower Turbo Technologi dilengkapi transmisi enam percepatan Sport Steptronic. Sehingga tenaga yang dihasilkan lebih besar dari pendahulunya dengan kenaikan sekitar 18 dk, menjadi 231 dk pada putaran 5.200-6.000 rpm dan torsi maksimum 320 Nm di 1.250-4.800 rpm. Membuat JCW mampu melesat dari kondisi diam samapi 100km/jam dalam 6,1 detik dan kecepatan puncak 246km/jam. 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com