Cara Paling Aman Mengganti Oli Mobil Atau Motor, Perhatikan Dulu Mitos & Fakta Oli Berikut Ini!

Cara Paling Aman Mengganti Oli Mobil Atau Motor, Perhatikan Dulu Mitos & Fakta Oli Berikut Ini!

Kamu sedang mencari cara untuk mengganti oli mobil atau oli motor? Tunggu dulu, ada baiknya kamu perhatikan beberapa mitos dan fakta seputar oli mesin berikut ini sebelum mengganti oli mobil atau oli motor kamu.

Oli mesin bekerja dengan cara melumasi pergesekan antar komponen mesin serta membuat endapan-endapan di dalam dinding mesin menjadi bersih. Cara kerja oli terlihat sangat mudah dan ringan, namun sebenarnya oli mobil atau oli motor mempunyai peran sangat penting dalam menjaga performa sebuah mesin kendaraan.

Maka dari itu, kegiatan mengganti oli mobil atau oli motor dengan cara yang tepat merupakan sebuah hal yang harus diperhatikan secara matang-matang agar mesin mobil atau motor kamu lebih awet dan tahan lama.

Tidak heran jika selama ini berkembang banyak rumor atau mitos terhadap oli mesin yang baik seperti apa. Kadang juga malah menimbulkan banyak kesalahpahaman tentang oli mobil maupun oli motor.

Agar kamu tidak salah cara dalam mengganti oli mobil atau oli motor, ada baiknya perhatikan terlebih dahulu mitos dan fakta tentang oli mesin berikut ini :

1. Apa Benar, Warna oli yang menghitam jadi tanda waktu pergantian oli?
Sudah lumrah kalau warna oli mesin berubah hitam dianggap sebagai cara untuk mengetahui waktu pergantian oli. Padahal mitos itu tak sepenuhnya benar. Sebab cara untuk mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil atau oli motor itu tetap harus mengikuti jarak tempuh dan waktu pemakaian. Oli mesin bukan hanya sebagai pelumas, tapi fungsinya juga untuk membersihkan permukaan dinding silinder terhadap oksida, karbon dan kerak-kerak yang ditimbulkan karena pembakaran. Maka wajar dalam waktu singkat oli bisa berubah warnanya jadi hitam.

2. Sering Berganti Merk Oli Menyebabkan Mesin Rusak
Apakah benar sering mengganti merk oli bisa menyebabkan kerusakan pada mesin? Jawabannya tidak bahaya kok karena hal yang perlu diperhatikan adalah kadar kekentalan oli yang kita gunakan, itu harus disesuaikan dengan spesifikasi mesin kendaraan kita. Faktor yang paling penting lainnya adalah gunakan selalu oli dengan kualitas terbaik, seperti oli TOP 1 Evolution Series.

TOP 1 telah berpengalaman dalam memproduksi oli Full Synthetic yang berkualitas. Oli Full Synthetic adalah oli hasil terbersih dari pemilahan oli mineral. Sehingga secara pengolahan dan kegunaannya, Oli yang Full Synthetic jelas lebih baik dibandingkan dengan Oli non Synthetic biasa, seperti usia pakai lebih lama, tahan terhadap temperatur tinggi dan oksidasi dan melindungi mesin lebih baik dan efesiensi bahan bakar yang lebih hemat.

Cari tahu varian produk terbaik dari oli TOP 1 klik di sini

3. Apa benar menghitung jarak tempuh jadi cara terbaik untuk mengetahui jadwal ganti oli?
Sebenarnya, hal ini juga tergantung dengan situasi yang Anda miliki. Bila cara pemakaian mobil Anda untuk kegiatan sehari-hari dan sering terjebak macet, maka yang harus Anda pertimbangkan adalah jam kerja mesin Anda. Walaupun kilometer tidak jalan, namun mesin tetap jalan dan tetap tersirkulasi.

4. Mitos tentang Tidak Harus Mengganti Filter Oli Mobil
Anda harus mengganti filter oli kendaraan terutama filter oli mesin mobil. Siklus pergantian oli rutin pun direkomendasikan. Hal ini perlu dilakukan karena akan mengurangi potensi kerusakan pada mesin karena endapan kotoran.

5. Oli Sintetik Dapat Menyebabkan Kebocoran pada Mesin
Mitos ini sama sekali tidak benar dan salah. Oli sintetik memiliki teknologi yang membuat molekul lebih kecil dibandingkan oli mineral sehingga memiliki cara masuk ke dalam celah terkecil di mesin kendaraan Anda. Bahkan hal itu berguna karena oli sintetik bisa mendeteksi gejala kebocoran pada mesin Anda.

Mulai dari sekarang, mari biasakan menggunakan oli sintetik dengan kualitas yang baik dan unggulan. Ganti oli Anda dengan menggunakan produk oli sintetik TOP 1 untuk kendaraan Anda.

6. Oli Sintetik Bisa Digunakan untuk Kendaraan Lama 

Oli sintetik biasanya lebih direkomendasikan untuk kendaraan keluaran terbaru karena lebih cocok dengan teknologinya. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa kendaraan lama bisa menggunakannnya.

7. Melakukan Pengecekan Sebelum Perjalanan Panjang
Anjuran ini memang tepat untuk dilakukan. Hal ini bisa menjaga kinerja mesin tetap performa yang baik. Bila Anda ingin melakukan perjalanan panjang, biasanya oli diganti terlih dahulu dua minggu atau bahkan seminggu sebelumnya.

Itulah 7 mitos dan fakta terkait oli mesin yang sebaiknya kamu ketahui sebelum mengganti oli mobil atau oli motor kamu.

 

Yuk cek cara ganti oli motor yang gampang versi Youtuber Den Dimas (@buburayamracer) dari video berikut ini : Klik Disini

Yuk cek cara ganti oli mobil yang gampang versi Youtuber Kevin Hendrawan (@kokohreview) dari video berikut ini : Klik Disini

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com