Berbeda Dengan Jakarta, Di Provinsi Ini Mobil Manual Lebih Favorit!

Berbeda Dengan Jakarta, Di Provinsi Ini Mobil Manual Lebih Favorit!

Di berbagai daerah khususnya kota-kota besar di Indonesia, jenis transmisi manual mulai ditinggalkan oleh konsumen dan sebagian beralih ke transmisi otomatik ataupun CVT. Semua itu bermuara pada kepraktisan yang disajikan oleh transmisi matik, di mana pengemudi semakin dimanjakan hanya menginjak gas dan rem.

Namun, hal ini berbeda dengan daerah-daerah di luar pulau Jawa, seperti halnya propinsi Kalimantan Barat. Di daerah ini jenis transmisi manual masih menjadi raja dan pengguna transmisi matik hanya sekuku hitamnya saja.

“Dari data kami, minat pasar khususnya di Kalimantan Barat ini masih dominan menjatuhkan pilihan pada transmisi manual. Pengguna matik cukup kecil hanya 5 hingga 10% saja dari lini produk Daihatsu yang dijajakan di sini,” terang Agus SM . selaku Kepala Cabang Astra Daihatsu Kalimantan Barat, saat ditemui di sela acara Terios 7 Wonder yang digelar di Pontianak, Jumat (21/06).

“Daerah kami ini sebagian merupakan jalanan dengan kontur datar yang sebenarnya cocok dengan tipe transmisi matik, namun mindset masyarakat akan transmisi matik belum sepenuhnya terbentuk. Masih ada pendapat bahwa transmisi matik itu lebih rewel, mahal dan lebih ringkih,” jelasnya. “Hal ini salah satu yang menyebabkan penjualan kembali mobil dengan transmisi matik jeblog dan membuatnya jadi sepi peminat,” tambahnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan bahwa kurang pengetahuan mekanik mengenai jenis transmisi ini turut menyumbang keterpurukan. “Kalimantan Barat punya wilayah yang cukup luas, di mana mekanik-mekanik daerah, khususnya di wilayah yang jauh dari perkotaan relatif minim pengalaman tentang transmisi matik, sehingga pasarpun tetap memilih girboks manual sebagai pilihan,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com