Transmisi Matik Dipanaskan di N atau P? Begini Kata APM

Transmisi Matik Dipanaskan di N atau P? Begini Kata APM

Praktis dan lebih nyaman, jenis transmisi matik semakin digemari dan kian luas digunakan termasuk di Indonesia. Akan tetapi di masyarakat luas masih ada beberapa hal tentang transmisi matik yang jadi menjadi kontroversi, salah satunya adalah tentang ‘ritual’ memanaskan transmisi matik pada saat mesin pertama kali mesin dinyalakan, khususnya di pagi hari.

Menanggapi kondisi tersebut, Didi Ahadi, Dealer Technical Support Departement Head PT Toyota Astra Motor (TAM) pun angkat bicara. “Jadinya tidak perlu dipanaskan terlebih dahulu, sama seperti mesin, start langsung jalan,” ungkap Didi saat dihubungi OtoDriver (20/08).

Secara mekanikal fluida pada girboks matik otomatis berputar saat mesin dinyalakan baik pada posisi P ataupun N karena pompa oli matik bekerja bersamaan saat mesin dinyalakan. Sehingga sirkulasi oli pada transmisi sudah terjadi sejak mesin dinyalakan.

Didi menambahkan bahwa teknologi yang diasup transmisi matik sudah semakin baik sehingga tidak perlu dipanaskan untuk mencapai suhu kerja transmisi. “Kalau memang harus dipanaskan pastinya ada informasi dalam buku pedoman kendaraan,” tutupnya.

Simak Video : VIDEO: Ratusan Unit Sigra Siap Jadi Armada Taksi

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com