Lebaran Tahun Depan, Contra Flow Untuk Jalan Tol Akan Dikawal “Safety Car”

 Erie W. Adji    21 April, 2024
Berita

OTODRIVER - Pemerintah memperbaiki skema rekayasa lalu lintas contra flow atau lawan arah dengan merapatkan jarak penempatan barrier hingga memasang tameng pengaman.

Hal itu dikemukakan Menteri Koodinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, usai menghadiri rapat koordinasi di Rumah Dinas Wakil Presiden di kawasan Menteng, Jakarta pekan ini (17/4).

"Untuk contra flow kan sudah hasil evaluasi terus langsung ditindaklanjuti. Sekarang barrier semakin dirapatkan, semula hanya 13 meter, sekarang diperapat jadi sekitar 8 meter," katanya lebih lanjut. Selain itu, "Kemudian nanti akan kita bangun semacam penangkis kalau nanti ada kendaraan yang bergeser ke jalur yang berlawanan, nanti ada beberapa pembatas," katanya melanjutkan. Seperti dikutip dari Antara.

Perbaikan lainnya terhadap contra flow berdasarkan penyelenggaraan mudik 2024, kata Muhajdir, adalah menyiagakan safety car di titik contra flow agar kejadian kecelakaan bisa dengan cepat dievakuasi.

Perihal safety car itu, salah satunya, berupa penempatan mobil pemadam kebakaran di sejumlah titik lawan arah. Pelaksanaan perbaikan-perbaikan tersebut untuk penyelenggaraan contra flow di lain waktu jika diperlukan.

Pihak Kemenko PMK selaku penanggungjawab penyelenggaraan mudik 2024 mengatakan perbaikan skema rekayasa lalin lawan arah itu dilakukan berdasarkan hasil evaluasi terhadap dinamika mudik yang terjadi. Sejumlah kejadian yang menonjol itu di antaranya tabrakan di jalur contra flow KM58 Tol Jakarta Cikampek, Senin (8/4), yang menyebabkan 12 orang dalam satu kendaraan meninggal dunia.

Kejadian lainnya adalah kecelakaan bis Rosalia Indah di KM370A Jalan Tol Semarang-Batang, Kamis (11/4), yang menyebabkan tujuh penumpang tewas. (EW)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

Mobil ListrikJokowi Optimis Indonesia Punya Ekosistem Sendiri Untuk Kendaraan Listrik1 hari laluBeritaPeriklindo Eletric Vehicle Show (PEVS) 2024 Berikan Gambaran Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia2 hari laluBeritaIni Mobil-Mobil Konsep Yang Hadir Di Beijing Motor Show 20245 hari laluBeritaInilah Toyota bZ3X Dan bZEC, Hasil Kolaborasi Dengan Pabrikan Tiongkok 29 April 2024

Trending

Daftar Harga TOYOTA Terbaru (Mei 2024)
Daftar Harga NISSAN Terbaru (April 2024)
GWM Tank 500 Hybrid Bisa Ditebus Mulai Rp 200 Jutaan, Begini Skema Kreditnya
Daftar Harga MITSUBISHI Terbaru (Mei 2024)
Ini Tanggapan Pihak BYD Mengenai Inden Mobil Mereka Yang Disebut Warganet Terlalu Lama

Berita Terbaru

BeritaWuling Ajak Komunitas Jajal Langsung Cloud EV5 jam laluBeritaCocok Buat Usaha Grab Dengan Modal Rp 30 Jutaan, Lihat Skema Angsuran Avanza Ini9 jam laluBeritaGWM Tank 700, Sosok G-Class Ala China11 jam laluBeritaWuling Cloud EV Dirancang Khusus Untuk Setir Kanan12 jam laluDaftar HargaDaftar Harga MAZDA Terbaru (Mei 2024)13 jam laluBeritaIni Alasan Ferrari Tetap Kembangkan Mesin V12 di Era Elektrifikasi15 jam laluBeritaFirst Drive Wuling Cloud EV. Model Terbesar Dengan Desain Minimalis1 hari laluBeritaBuat Siapa Ferrari 12Cilindri Diciptakan? 1 hari lalu