Lebaran Tahun Depan, Contra Flow Untuk Jalan Tol Akan Dikawal “Safety Car”

 Erie W. Adji    21 April, 2024
Berita

OTODRIVER - Pemerintah memperbaiki skema rekayasa lalu lintas contra flow atau lawan arah dengan merapatkan jarak penempatan barrier hingga memasang tameng pengaman.

Hal itu dikemukakan Menteri Koodinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, usai menghadiri rapat koordinasi di Rumah Dinas Wakil Presiden di kawasan Menteng, Jakarta pekan ini (17/4).

"Untuk contra flow kan sudah hasil evaluasi terus langsung ditindaklanjuti. Sekarang barrier semakin dirapatkan, semula hanya 13 meter, sekarang diperapat jadi sekitar 8 meter," katanya lebih lanjut. Selain itu, "Kemudian nanti akan kita bangun semacam penangkis kalau nanti ada kendaraan yang bergeser ke jalur yang berlawanan, nanti ada beberapa pembatas," katanya melanjutkan. Seperti dikutip dari Antara.

Perbaikan lainnya terhadap contra flow berdasarkan penyelenggaraan mudik 2024, kata Muhajdir, adalah menyiagakan safety car di titik contra flow agar kejadian kecelakaan bisa dengan cepat dievakuasi.

Perihal safety car itu, salah satunya, berupa penempatan mobil pemadam kebakaran di sejumlah titik lawan arah. Pelaksanaan perbaikan-perbaikan tersebut untuk penyelenggaraan contra flow di lain waktu jika diperlukan.

Pihak Kemenko PMK selaku penanggungjawab penyelenggaraan mudik 2024 mengatakan perbaikan skema rekayasa lalin lawan arah itu dilakukan berdasarkan hasil evaluasi terhadap dinamika mudik yang terjadi. Sejumlah kejadian yang menonjol itu di antaranya tabrakan di jalur contra flow KM58 Tol Jakarta Cikampek, Senin (8/4), yang menyebabkan 12 orang dalam satu kendaraan meninggal dunia.

Kejadian lainnya adalah kecelakaan bis Rosalia Indah di KM370A Jalan Tol Semarang-Batang, Kamis (11/4), yang menyebabkan tujuh penumpang tewas. (EW)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaVarian Baru Hyundai Palisade XRT, ‘Mungkin’ Harga Lebih Mahal Rp 20 Jutaan 3 hari laluBeritaJasa Marga: Hampir Setengah Juta Mobil Tinggalkan Jabodetabek 3 hari laluBeritaWuling Partisipasikan Semua Jenis Produk EVnya Perhelatan Internasional Ini23 May 2024BeritaThe Elite Showcase 2024: Modifikasi Indonesia Makin Berstandar Internasional19 May 2024

Trending

Harga EV Bekas Terjun Bebas. Mitos Atau Fakta?
Segini Hasil Konsumsi BBM Chery Tiggo 5X Digeber Jakarta-Semarang
Berkenalan Dengan Neta GT, Pesaing BYD Seal Yang Hanya Butuh 3,7 Detik 0-100 KM/Jam
Toyota Akan Hadirkan SUV High Performance Berlabel GR
Neta V-II Resmi Dijual Dengen Banderol Rp 299 Juta, Termurah di Kelasnya

Berita Terbaru

BeritaKia Carnival Facelift Resmi Meluncur, Termahal Rp 1,155 Miliar1 jam laluBeritaChery Tiggo 5X Terkena Recall di Filipina, Bagaimana Dengan di Indonesia?3 jam laluTipsGanti Aki Ternyata Ada Persyaratan Dan Strateginya4 jam laluTipsTips Merawat Sunroof5 jam laluBeritaToyota, Subaru dan Mazda Kolaborasi Bikin Mesin Hybrid Canggih6 jam laluBeritaHarga Mobil Listrik Bekas Jeblok, Begini Kata Pemain Mobil Bekas7 jam laluBeritaNissan Magnite Facelift Sudah Beredar Di India8 jam laluBeritaHUT ke 3 Kagama 4x4 Adventure. Tetap Guyup, Rukun dan Berdaya Guna10 jam lalu