Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Bukan Listrik, Honda dan GM Bikin Mobil Hidrogen untuk Netralitas Karbon

Mereka meyakini, bahan bakar hidrogen memiliki kelebihan daya tahan dikarenakan telah menggunakan bahan yang tahan korosi tinggi dan tahan di suhu rendah.
Berita - Rabu, 31 Januari 2024 09:00 WIB
Penulis : Gemilang Isromi Nuar


OTODRIVER - Pada perkembangan otomotif di dunia, saat ini tengah mengembangkan trend kendaraan listrik. Namun tidak hanya itu, Honda dan General Motors (GM) mengumumkan kerjasama membuat kendaraan berbahan bakar hidrogen di Amerika Serikat melalui Fuel Cell System Manufacturing (FCSM).

Mereka meyakini, bahan bakar hidrogen memiliki kelebihan daya tahan dikarenakan telah menggunakan bahan yang tahan korosi tinggi dan tahan di suhu rendah. Sistem ini  akan digunakan pada kendaraan berbahan bakar hidrogen (FCEV) yang akan diluncurkan Honda pada tahun 2024 ini.

"Awal produksi ini menandai tonggak penting bagi GM dan Honda dalam upaya kami menjadikan transportasi dan kebutuhan energi lainnya netral karbon. Semua orang di FCSM bekerja sebagai 'satu tim' dengan misi menyediakan sistem sel bahan bakar hidrogen yang terjangkau kepada pelanggan kami." kata Presiden FCSM, Suheb Haq dalam keterangan resmi, Selasa (30/1).

BACA JUGA

"Kami telah menciptakan sistem produksi bertenaga yang mengintegrasikan kekuatan Honda dan GM. Kami telah mewujudkan sistem produksi massal berkualitas tinggi yang memperhatikan detail, dan berupaya memanfaatkan teknologi sel bahan bakar hidrogen di masa depan dan awal mulanya era hidrogen," papar Wakil Presiden FCSM Tetsuo Suzuki.

Honda sendiri memiliki tujuan untuk mencapai netralitas karbon melalui semua produk dan aktivitas perusahaan pada tahun 2050.

Dikutip dari renaultgrup, Selasa (30/1) kendaraan bahan bakar hidrogen menggunakan dihidrogen (H2) sebagai bahan bakar. Sel bahan bakar disuplai dengan hidrogen ini, dan oksigen dari udara sekitarnya. 

Gas-gas tersebut, ketika bersentuhan di dalam sel bahan bakar, memicu reaksi elektrokimia yang menghasilkan arus listrik, panas, dan uap air. Arus listrik ini kemudian digunakan untuk menggerakkan motor listrik yang kemudian menggerakkan kendaraan. Sehingga tidak ada energi fosil yang digunakan sama sekali. (GIN)


Tags Terkait :
Mobil Mobil Hidrogen Honda General Motors
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Penjualan Mobil Listrik Di Eropa Menurun, Jerman Terparah

1 minggu yang lalu


Berita
Mercedes-Benz Hingga BMW Memprotes Tarif Baru Impor Mobil Listrik Asal China

2 minggu yang lalu


Berita
Mengikuti Amerika Serikat, Eropa Bakal Kenakan Tarif Khusus Mobil Listrik Tiongkok

2 minggu yang lalu


Berita
Pemerintah Kota Ini Gelontorkan Insentif Untuk Ganti 300.000 Mobil Tua Dengan EV

2 minggu yang lalu


Terkini

Berita
Bukan Bule, Justru Orang Asia Pengguna Mobil Mewah Tahan Peluru Pertama Di Dunia

1 jam yang lalu


Berita
BMW Seri-6 Bakal Terlahir Kembali, Tapi XM Tak Punya Penerus

3 jam yang lalu


Berita
Bukan Carnival Apalagi EV9, Inilah Mobil KIA Terlaris Saat Ini

7 jam yang lalu


Berita
GIIAS 2024: Ada Apa Saja Di Sana, Panduan Lengkap, Peserta, Tiket Dan Shuttle

8 jam yang lalu


Berita
BYD Kembali Lewati Tesla Sebagai Penjual Mobil Listrik Terlaris di Dunia, Ini Buktinya

11 jam yang lalu