Pabrik Sistem Baterai Baru Hyundai Mampu Produksi 77.000 BSA Listrik

 Aditya Widiutomo    03 June, 2023
Berita

Pabrik sistem Hyundai akan berdiri di Indonesia pada tahun 2024 mendatang. Pabrik ini didirikan pertama kalinya pada Desember tahun lalu dan akan memulai produksi pada Juli 2024. Artinya, fasilitas produksi ini ditargetkan rampung pada waktu 13 bulan lagi.

Pabrik sistem baterai pertama Hyundai di Asia Tenggara ini dioperasikan oleh PT Hyundai Energy Indonesia (HEI). Perusahaan tersebut merupakan kolaborasi PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dengan Hyundai Mobis.

Chang Oug Hong, Presiden Direktur HEI, mengatakan, pihaknya menginvestasikan 60 juta dolar AS (sekitar Rp 900 miliar) dan mempekerjakan lebih dari 150 orang.
"Pabrik ini memiliki kapasitas produksi 21.000 unit BSA (battery system assembly) hingga tahun depan dan selanjutnya akan menambah 56.000 unit BSA," ujar Hong, dalam sambutannya saat peresmian pabrik di Cikarang, Kab. Bekasi, Jawa Barat, belum lama ini. Untuk diketahui, sel baterai yang digunakan untuk memproduksi sistem baterai di pabrik HEI di Cikarang dipasok oleh PT HLI

Green Power yang pabriknya ada di Karawang. PT HLI Green Power merupakan perusahaan gabungan antara Hyundai Motor Group dengan LG Energy Solution. Hong menambahkan, HEI memiliki produksi 1,4 GWh dengan dua jalur produksi untuk Module Production Line dan satu jalur produksi untuk BSA, hingga tahun depan.

"Kami juga akan menambahkan, satu module line, dua BSA line, dan memiliki kapasitas produksi 3,6 GWh. HEI akan memiliki total kapasitas produksi 5 GWh dalam waktu dekat," ujarnya. Hong mengatakan, HEI akan terus berinvestasi terhadap strategi elektrifikasi Hyundai Motor Group dan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaKecelakaan Beruntun Halim Libatkan Kona Electric, Bukti Mobil Listrik Aman Terhadap Tabrakan1 hari laluBeritaHyundai Palisade 2026 Lebih Berotot Dengan Tambahan Garis Bodi Baru Ala Creta1 hari laluMobil ListrikSubaru Akhirnya 'Main' Listrik. Ini Petunjuknya 4 hari laluBeritaBanderol Hyundai All New Kona EV Tengah Digodog. Bidik Segmen Harga EV China?4 hari lalu

Trending

Toyota Land Cruiser FJ Bakal Dibanderol Setara Fortuner?
SPY SHOT: Toyota Rush Versi Penyegaran 2024
Oli Milik Anak Bangsa Ini Tunjuk Artis Legenda Menjadi Brand Ambassadornya
Kecelakaan Beruntun Halim Libatkan Kona Electric, Bukti Mobil Listrik Aman Terhadap Tabrakan
Perusahan Mobil Asal China, GWM Buka Dealer Pertama di Indonesia

Berita Terbaru

BeritaSuzuki Australia Recall Jimny Lansiran 2018-2019, Bagaimana Dengan Indonesia?13 jam laluBeritaSyugo Watanabe Resmi Jadi Bos Baru Honda Indonesia. Hybrid Jadi Jembatan Ke Full EV14 jam laluBeritaCatat, Ada Tujuh Tol Fungsional Gratis Buat Mudik 202414 jam laluBeritaHSR Luncurkan Speedster, Pelek Khusus Mobil Berukuran Kecil15 jam laluBeritaDigeber Jakarta-Semarang, Segini Konsumsi BBM Toyota Agya16 jam laluBeritaKorlantas Polri: Operasi Ketupat Lancarkan Arus Mudik 202417 jam laluKomparasiKomparasi Tenaga Motor Listrik, Kapasitas Baterai, Serta Range Mercedes-EQ EQE vs BMW i518 jam laluBeritaPertamina: Kehabisan BBM Di Jalan Saat Mudik Bisa Kontak 13519 jam lalu