Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Test Drive

Test Jalan Hyundai All New Kona Electric, Jakarta-Semarang Tanpa Isi Setrum

All New Kona Electric yang kami test berhasil tempuh jarak 413 km dengan sisa baterai 19% dan masih menyisakan jarak tempuh 90 km
Test Drive - Senin, 7 Oktober 2024 06:00 WIB
Penulis : Suryo Sudjatmiko
all new kona electric. Foto: Suryo Sudjatmiko/Otodriver


OTODRIVER - Hasil pengetesan internal Hyundai pada All New Kona Electric Signature Long Range dengan baterai 66 kwh mencapai jarak 549 km Perlu dicatat bahwa rentang jarak 549 km itu didapatkan dalam skala pengetesan New European Driving Cycle (NEDC). Artinya angka tersebut didapatkan melalui pengetesan yang dilakukan di laboratorium bukan dalam kondisi sesungguhnya.

Lalu seberapa besar selisih hasil pengetesan internal Hyundai itu dengan pengetesan langsung secara riil?

Kami mendapatkan kesempatan untuk membawa All New Kona Electric untuk menjelajah jalanan dari pinggiran kota Jakarta hingga Semarang non stop tanpa pengisian daya. Estimasi jarak tempuh dari titik start ke finish sekitar 420-an kilometer. 

BACA JUGA

Untuk memaksimalkan jarak tempuh kami berkendara dengan drive mode Eco, Regenerative braking diset Auto. AC diatur dengan temperatur 17 derajat celcius dan fan speed 1.

Handling

Mobil generasi kedua dari Keluarga Kona ini dibekali dengan motor listrik berkekuatan 214 hp dan torsi 255 Nm langsung memberikan kesan positif sebagai mobil yang enak dikendarai. 

Karena menjalankan misi antar kota tanpa pengisian ulang, maka kami tidak terlalu agresif di jalanan. 

Posisi mengemudi All New Kona Electric Foto: Suryo Sudjatmiko/Otodriver 

Menjelajah medan bergelombang di atas jalan tol layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) jadi suguhan awal. Di mana mobil ini punya suspensinya relatif nyaman walau sesekali kodratnya sebagai mobil listrik murni yang lebih berat terasa.

Secara umum, mengendarai mobil ini tidak terlalu ditemui perbedaan berarti dari sisi handling jika dibandingkan dengan mobil konvensional.

Saat menjamah jalanan perkotaan yang syarat dengan kemacetan mobil ini cukup menyenangkan dan gesit.

Interior

Jika dibandingkan rival-rivalnya, interior All New Kona terlihat sedikit ketinggalan jaman. Hal ini lantaran masih digunakannya tombol-tombol fisik yang membuat tampilan interiornya kurang berasa minimalis. 

Mungkin terdengar subyektif, di mana menurut kami kehadiran tombol-tombol tersebut cukup memudahkan dalam mengoperasikan berbagai fitur yang ada terlebih saat dilakukan sambil berkendara.

Interior masih dilengkapi tombol fisik. Foto Suryo Sudjatmiko/Otodriver 

Posisi duduk cukup nyaman tanpa ada masalah dengan leg room di bagian depan. Sementara legroom baris kedua relatif lega walau tak selega Aion Y Plus.

Sedangkan untuk trim, mobil yang dirakit di Cikarang ini tak terlalu mengumbar penggunaan soft material seperti rival dari China. Sebagian doortrim dan dasbor masih nampak permukaan plastik bertektur kulit yang kurang nyaman saat dipegang. 

Pada baris ke dua, terdapat colokan V2L sehingga bisa melakukan fast charging pada gadget seperti yang dilakukan di rumah. 

Eksterior 

Untuk urusan desain, itu kembali pada perspektif dan pendapat masing-masing. Desain All New Kona ini banyak memiliki garis-garis tegas. 

Desain yang berani Foto: Suryo Sudjatmiko/Otodriver 

Desain ini bukanlah jenis yang mudah dicerna dengan bentuk fascia dan lampu utamanya berbentuk vertikal. Demikian pula dengan bagian belakangnya yang seolah berbentuk potongan sketsa yang dipaksa untuk disatukan. Desain ini cukup berani untuk bisa tampil beda namun tetap punya ciri membawa nafas desain Hyundai saat ini.

Desain susah dicerna namun tak bia dikatakan jelak. Foto: Suryo Sudjatniko/Otodriver 

Walau demikian secara keseluruhan tampilannya cukup proposional dan jika dipandang desainnya semakin lama semakin bisa diterima.

Hasil Pengetesan

Perjalanan kami tempuh untuk sampai ke tujuan di Semarang kurang lebih sekitar hampir 7 jam dan 3 menit, artinya lebih lama kurang lebih 2 jam dari estimasi awal yang ditunjukkan pada google map. Hal ini karena kami melakukan perhentian di rest area 207 A dan 379A  untuk makan siang, istirahat dan berganti pengemudi.

Hyundai - all new kona electric

Digaris finish MID pada mobil kami menunjukkan jarak tempuh 413 km dengan sisa baterai 19 %. Sedangkan sisa jarak tempuh di 90km.

Jika dijumlahkan maka akan menempuh jarak 503km dan punya selisih 46 km dari angka test yang dikeluarkan pabrik. (SS)


Tags Terkait :
Hyundai.all New Kona Electric Test Drive
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Artikel Terkait

Berita
Hyundai All New Kona Electric Tetap Gunakan Tombol Fisik. Ini Alasannya

13 jam yang lalu


Berita
Hyundai All New Kona Electrik Rakitan Indonesia Punya Baterai Lebih Besar Dari Versi Global

1 hari yang lalu


Teknis
Jarak Tempuh Varian All New Hyundai Kona Electric Signature, Kalah Dengan Varian Prime. Mengapa Demikian?

3 hari yang lalu


Berita
Hyundai Bawa Promo Menarik Di GIIAS Surabaya 2024

1 bulan yang lalu


Terkini

Test Drive
Test Jalan Hyundai All New Kona Electric, Jakarta-Semarang Tanpa Isi Setrum

4 jam yang lalu


Berita
Hyundai All New Kona Electric Tetap Gunakan Tombol Fisik. Ini Alasannya

13 jam yang lalu


Berita
Para Pencinta Daihatsu Tumpah Ruah Dalam Keceriaan di Event Kumpul Sahabat

18 jam yang lalu


Berita
Melihat Hilux Rangga Towing Car Modifikasi Yang Mencuri Perhatian di IMX 2024

19 jam yang lalu


Berita
Fix, All New Hyundai Santa Fe Masuk Indonesia Dengan Skema CKD

1 hari yang lalu