Hasil Pengetesan Kinerja MG ZS EV Jauh Dari Klaim. Benarkah Demikian?

 Suryo Sudjatmiko    15 September, 2022
Berita

MG ZS EV merupakan ‘mahluk’ yang sama sekali baru untuk pengetesan. Seperti biasanya, kami pelajari terlebih dulu data teknis dari mobil tersebut. Salah satu yang umum terjadi adalah melihat jarak tempuh dari mobil tersebut.

Dari lembar fakta resmi dari MG Motor Indonesia, tertera bahwa kemampuan tempuh maksimal sebuah MG ZS EV adalah 403 km untuk sekali pengisian penuh.

Saat pengetesan berlangsung (12-14 September 2022), jarak tersebut tak sedikit pun berhasil kami sentuh.

Jika diambil angka pencapaian dalam pengetesan MG ZS EV yang kami lakukan dari Jakarta-Surabaya, jika dirata-rata hanya mencapai 300-an km, berdasarkan hitungan kasar.

Baca juga : Long Distance Test EV, Rp 329.888 Jakarta-Surabaya Dengan MG ZS EV

Lalu apakah data tersebut salah?

Perlu diketahui, angka yang tertera pada lembar fakta tersebut merupakan hasil pengujian berdasar standar driving cycle NEDC (New European Driving Cycle).

Standar pengetesan yang dilakukan dalam ruang dengan simulasi jalanan datar, tanpa angin dan di atas tes roller. Selain itu test dilakukan dengan beban minimal dengan mematikan semua perangkat tambahan seperti AC, lampu, pemanas kaca belakang dan lain-lain.

Sehingga angka dengan standar penghitungan NEDC tersebut bukan merupakan angka riil dalam suatu perjalanan. Dalam hal ini pada kondisi100% MID hanya menunjukkan range jarak 320 km, jarak yang angkanya lebih kecil dari klaim NEDC.

Angka 320 km ini juga yang dipakai pada klaim MG ZS EV di Australia yang memiliki spesifikasi yang sama dengan yakni dengan baterai 50,3 kWh. Fitur angka 320 km inilah yang merujuk sebagai penghitungan Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP)

Nilai dari WLTP yang baru dicetuskan pada tahun 2017 silam ditentukan berdasarkan estimasi real driving data. Sedangkan NEDC berdasarkan theoretical driving data. 

Baca juga : Mobil Listrik vs Mobil Diesel Bio Solar, Adu Biaya Dan Waktu Untuk Road Trip

Lalu apakah angka 320 km tersebut benar-benar bisa tercapai?

Mengambil sampel dari pengisian pertama, dijumpai angka 226 km dengan daya baterai tersisa 16%. Jika mobil benar-benar tidak diisi ulang maka perkiraannya akan benar-benar kehabisan daya pada 262,16 km.

Sekali lagi angka tidak presisi dengan klaim. Akan tetapi perlu diingat bahwa angka 320 km merupakan estimasi tanpa ada melihat kondisi trafik lalu lintas, kontur jalan ataupun gaya mengemudi.

Sebagai informasi MG ZS EV yang kami tes kacanya tidak dilapisi dengan kaca film. Dengan demikian kinerja AC untuk mendinginkan ruangan harus ekstra keras.

Dengan suhu eksternal mobil mencapai 35-37 derajat celsius dengan humidity mencapai kurang lebih 67%, AC pun kami tempatkan pada posisi paling dingin dengan putaran kipas paling kencang.

Dengan angka tersebut maka pencapaian WLTP MG ZS EV mencapai kurang-lebih 82%.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaWuling Cloud EV ‘Menyala’ Di Ajang Pameran Kendaraan Listrik15 jam laluTest DriveXiaomi Produksi Setiap SU7 Hanya Dalam 76 Detik2 hari laluBeritaKia Sebarkan Teaser EV3, Debut Dunia 23 Mei Mendatang2 hari laluBeritaJeep Pastikan Gladiator Punya Opsi PHEV Tahun Depan3 hari lalu

Trending

Honda Freed Generasi Ke-3 Resmi Diperkenalkan
Daftar Harga TOYOTA Terbaru (Mei 2024)
Cocok Buat Usaha Grab Dengan Modal Rp 30 Jutaan, Lihat Skema Angsuran Avanza Ini
GIIAS 2024 Hadir Lebih Awal dan Jadi Yang Terbesar Sepanjang Sejarah, 300 Kendaraan Baru Bakal Meluncur
Daftar Harga MAZDA Terbaru (Mei 2024)

Berita Terbaru

BeritaMobil Perdana Xiaomi Mogok Padahal Baru Digunakan 39 KM, Apa Masalahnya?9 jam laluBeritaMeski Mengusung Teknologi Hybrid Tank 500 Tetap Boros, Ini Tanggapan Pihak GWM Indonesia10 jam laluBeritaJDM Funday Dihelat di Mandalika, Banyak Mobil Jepang Berperforma Tinggi Unjuk Kebolehan10 jam laluBeritaIoniq 5 Dan Ioniq 6 Direcall Untuk Update ICCU, Apa Masalahnya?11 jam laluBeritaHonda Freed Generasi Ke-3 Resmi Diperkenalkan12 jam laluBeritaPerusahaan Filter Jerman Dirikan Unit Usaha di Indonesia 12 jam laluBeritaHyundai Gandeng BAIC Bikin EV Di China13 jam laluBeritaWuling Cloud EV ‘Menyala’ Di Ajang Pameran Kendaraan Listrik15 jam lalu