Mau Beli Mobil Baru? Ikuti 5 Langkah Berikut Supaya Tak Salah Pilih

Mau Beli Mobil Baru? Ikuti 5 Langkah Berikut Supaya Tak Salah Pilih

 

Ketika Anda hendakbeli mobil baru, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelumnya agar tidak salah langkah. Sebelum Anda menjatuhkan pilihan mobil yang akan Anda beli, sebenarnya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, lho.

Apa saja hal-hal tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini. 

 

1. Tentukan Mobil yang Anda Ingin Beli

Sebelum membeli mobil, Anda sudah harus tahu mobil apa yang Anda inginkan. Anda juga sudah memiliki info mengenai kelebihan, spesifikasi, sampai harganya juga.

Jangan datang ke showroom jika Anda belum yakin mobil apa yang Anda inginkan, karena bisa saja ada program diskon atau promo DP murah dan lainnya yang bisa 'mengganggu' pikiran Anda. Sebagai acuan, Anda bisa browsing via website atau melalui review di kanal Youtube ada banyak car reviewer yang bisa membantu Anda.

 

 

2. Hitung Dana yang Harus Disiapkan

Keuangan pastinya jadi hal yang paling menentukan ketika Anda memutuskan untuk membeli mobil baru. Jangan memaksakan diri untuk membeli mobil diluar batas kemampuan keuangan Anda, perhitungkan segala sesuatunya sampai ke hal terkecil. 

Jika Anda memutuskan unuk menggunakan leasing untuk membeli mobil, perhitungkan juga kemampuan Anda untuk membayar cicilan setiap bulan selama beberapa tahun.

Yang pasti, cicilan perbulan yang harus Anda bayar jumlahnya tidak boleh lebih dari 30% pendapatan bulanan Anda. Apalagi kalau Anda masih ada tagihan cicilan lainnya yang harus dibayar. Ingat, Down Payment yang besar di awal akan meringankan beban pembayaran bulanan Anda, namun berarti harus menyiapkan dana yang cukup besar di awal.

3. Test drive

Agar lebih yakin, tak ada salahnya Anda melakukan test drive mobil yang Anda ingin beli. Umumnya setiap dealer memiliki unit test drive setiap unit display. 

 

4. Diskusi Dengan Keluarga

Nah, kalau Anda sudah mantap akan membeli mobil yang diinginkan, ajak keluarga untuk berdiskusi mengenai pilihan Anda ini. Pastikan jangan sampai melebihi budget awal yang sudah Anda tetapkan. 

 

 

5. Transaksi pembelian

Kalau semua sudah mantap, maka Anda bisa mengontak sales mobil yang Anda inginkan dan minta sales untuk menghitung ulang semua biaya yang harus dikeluarkan.

Jika Anda membeli mobil secara kredit, minta buatkan simulasi yang jelas dan detail agar benar-benar jelas sedetil mungkin dana yang harus dikeluarkan, jangan malu atau segan untuk bertanya jika ada yang belum Anda mengerti mengenai kewajiban Anda sebagai pembeli mobil agar tidak ada masalah di kemudian hari.

Kemudian setelah itu bisa dilanjutkan dengan SPK dan pemenuhan kewajiban awal. Pastikan Anda mendapatkan invoice yang benar sebagai bukti pembayaran yang sah.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com