LMPV Makin Beragam, Apa Alasan Tetap Pilih Toyota Avanza?

LMPV Makin Beragam, Apa Alasan Tetap Pilih Toyota Avanza?

Toyota Avanza saat ini tengah digempur oleh kompetitornya, bahkan dua model LMPV baru turut hadir mencoba merebut singgasananya. Hal ini tentu saja memberikan dampak bagi Toyota karena konsumen mulai melirik LMPV merek lain yang fitur-nya tak kalah lengkap dengan Avanza.

Namun bukan berarti Avanza sudah tak punya alasan untuk dipinang dan jadi pilihan utama dalam segmen LMPV yang kini memanas. Berikut adalah beberapa hal yang membuat 'mobil sejuta umat' ini lebih unggul dibandingkan kompetitornya.

 

 

1. Varian-nya Beragam
Secara umum Toyota membedakan LMPV-nya ini ke dalam 2 model, yakni Toyota Avanza dan Toyota Avanza Veloz. Keduanya dapat dipilih dengan pilihan mesin yang berbeda dan jenis transmisi yang berbeda, total ada 9 varian berbeda. Untuk Toyota Avanza terdapat 5 tipe varian yaitu 1.3 E M/T, 1.3 E A/T, 1.3 G M/T, 1.3 G, A/T dan 1.5 G M/T. Sedangkan Avanza Veloz memiliki 4 tipe varian yaitu 1.3 Veloz M/T, 1.3 Veloz A/T, 1.5 Veloz M/T dan 1.5 Veloz A/T.

2. Sasis Unibody
Sejak diperkenalkan medio 2004 silam, Avanza telah mengalami berbagai perubahan dan salah satunya pada bentuk sasis yang sekarang telah menggunakan konfigurasi unibody. Sasis jenis ini diklaim punya daya tahan dan kemampuan menahan beban yang sama seperti ladder frame namun memiliki rigiditas yang lebih baik.

 

3. Mesin Modern Buatan Indonesia
Avanza tersedia dalam opsi mesin empat silinder berkode 1NR-FE untuk varian 1.300cc dan 2NR-FE di varian 1.500cc. Kedua varian mesin ini diperkenalkan pada 2010. Meskipun mesin ini masih menggunakan tergolong konvensional, tapi merupakan yang terbaru dibandingkan dengan rivalnya yang masih menggunakan mesin rancangan 2005 kebawah. Mesin NR ini pun disebut-sebut hasil dari rancangan insinyur Toyota Indonesia dan lahir di Indonesia.

4. Akses Baris Ke-3 yang Mudah
Meskipun bukan satu-satunya yang menggunakan one touch tumble, tapi Avanza adalah satu-satunya yang memiliki bangku baris kedua dengan konfigurasi 50:50 sehingga memberikan ruang akses yang lebih luas ketika penumpang akan masuk ke baris ketiga. Dalam hal ini, Wuling Confero S menjawab tantangan dengan opsi captain seat yang sangat memudahkan penumpang ke bangku baris ketiga.

5. Antena Lebih Kuat
Meskipun Toyota Avanza masih menggunakan antena radio atap model tarik nan konvensional, ternyata ini membuat Avanza lebih unggul ketika harus menerima sinyal radio pada daerah pelosok. Sedangkan rivalnya yang menggunakan antena yang lebih pendek atau model sirip hiu lebih sulit menangkap siaran radio. Namun, antena model ini juga punya kelemahan, saat diposisikan paling panjang, ia rawan rusak ketika melewati ruas beratap rendah, ranting pohon dan sebagainya.

 

Penulis: Avicena Pratikto

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com