Kurs Rupiah Melemah, Jokowi Yakin Ekspor Mobil Bisa Jadi Angin Segar

Kurs Rupiah Melemah, Jokowi Yakin Ekspor Mobil Bisa Jadi Angin Segar

Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat sedang mengalami tren melemah. Namun Presiden Joko Widodo yang kami temui pada pagi tadi di Jakarta optimis bahwa sektor bisnis otomotif mampu memberi efek positif pada kurs Rupiah dan angin segar di tengah kondisi ekonomi nasional yang dinamis.

Ditegaskan Presiden Jokowi, para pabrikan mobil yang melakukan kegiatan ekspor dapat menjadi penguat ekonomi nasional. "Tanpa itu (peningkatan jumlah ekspor mobil rakitan dalam negeri), jangan harap kita bisa menyelesaikan masalah dinamika ekonomi yang kuat seperti yang kita inginkan," ujar Presiden Jokowi yang kami temui saat seremonial ekspor 1 juta unit Toyota Indonesia di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta (5/9).

 

 

Menurutnya, dengan meningkatnya ekspor maka neraca perdagangan dan transaksi bisa semakin positif. "Saya sudah memberikan perintah kepada menteri-menteri dan ini bisa diselesaikan dalam waktu yang tidak lama. Sehingga kita tidak harus setiap hari, setiap jam memperhatikan pergerakan kurs naik turun - naik turun," lanjut Jokowi.

"Saya sangat menghargai, sangat mengapresiasi ekspor Toyota yang diproduksi di Indonesia yang dikirim ke pasar Asia, pasar Afrika, Amerika latin, pasar timur tengah dan beberapa negara Eropa. Target ekspor nya saya sudah sampaikan (kepada Toyota Indonesia), 217 ribu unit dan untuk produk produk CBU yang memiliki tingkat komponen dalam negeri, local content antara 75 sampai 94 persen ini sebuah local content yang sangat tinggi dan kita harapkan industri lokal juga ikut bergerak naik," tutup sang Presiden.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com