Ketahui Cara Jumper Aki Mobil Yang Aman Dan Benar

Ketika aki mengalami soak, maka cara darurat yang pertama adalah melakukan jumper.
Penulis: Aditya Widiutomo
Senin, 1 Juli 2024 11:00 WIB
Tips - Ketahui Cara Jumper Aki Mobil Yang Aman Dan Benar
Bagikan ke:

OTODRIVER - Ketika aki mengalami soak, maka cara darurat yang pertama adalah melakukan jumper. Namun sudah tahukah Anda bagaimana tata cara melakukan jumper aki yang benar.
Sejatinya, jumper aki adalah menghubungkan aki dengan kondisi yang baik ke aki berkondisi lemah. Cara ini merupakan cara sementara untuk menyalakan mobil yang mengalami aki soak yang tidak bisa distarter.

Foto - Ketahui Cara Jumper Aki Mobil Yang Aman Dan Benar
Kabel jumper


Namun ternyata, trik tersendiri untuk melakukan jumper aki. Hendrik Moeis selaku pemilik toko aki Dunia Aki yang berlokasi di kawasan Tangerang Selatan berbagi sedikit trik untuk melakukan jumper yang benar.
"Sebaiknya pasangkan dulu kabel jumper ke kutub positif, baru pasang kabel yang ke kutub negatif," jelasnya saat dihubungi oleh tim OtoDriver beberapa waktu yang lalu. 


Saat pasang kabel jumper, jangan langsung pasang di kedua kutub aki yang berlawanan. Misalkan memasang kabel jumper langsung di mobil pendonor, dengan posisi kabel jumper sudah menghubungkan kutub positif dan negatif.


"Kalau kedua kabel tidak sengaja bersinggungan, bisa terjadi short circuit," tambah Hendrik. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi korsleting ketika kabel jumper dihubungkan ke aki
"Sebaiknya pasangkan dulu kabel jumper di aki yang lemah, baru sambungkan ke aki mobil yang bagus," sambungnya.


Kemudian, Hendrik juga menyarankan agar selalu menggunakan kabel jumper dengan kualitas yang baik.
“Baiknya selalu gunakan kabel jumper dengan kualitas yang bagus. Ciri-cirinya adalah harga jual kemudian juga ketebalan kabelnya diperhatikan. Karena kabel jumper dengan kualitas rendah justru tidak akan menyalurkan listrik dengan baik,” tutup Hendrik. (AW).

#tips #jumper-aki

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.