Banyak Yang Salah, Begini Cara Menjumper Aki Yang Benar dan Aman

Banyak Yang Salah, Begini Cara Menjumper Aki Yang Benar dan Aman

Ketika mobil tidak mau dinyalakan karena aki tekor, maka salah satu cara menghidupkannya ialah melakukan jumper aki dengan mobil lain.

Namun Anda perlu mengetahui bahwa menjumper aki tidak boleh sembarangan. Karenadapat menimbulkan percikan api, apalagi jika sampai mengenai tangan Anda bisa menyebabkan luka bakar.

Oleh karena itu, berikut Auto2000 memberikan tips cara aman menjumper aki.

1. Atur posisi mobil dengan benar

Setelah Anda mendapat pendonor aki yang siap untuk dijumper, aturlah posisi mobil Anda dengan posisi mobil pendonor dengan jarak berdekatan. Pastikan posisi mobil diam dengan menarik rem tangan dengan posisi transmisi netral atau P untuk matic. Mulailah proses jumper dengan membuka kap mesin mobil keduanya untuk melihat posisi aki.

2. Hubungkan kedua kaki aki dengan jumper

Selanjutnya jika sudah ditemukan posisi yang pas, kemudian segera hubungakan dengan benar. Cara ini sangat krusial dan penting. Perhatikan dan pahami secara teliti posisi kutip positif dan negatif. Dalam aki di tanda dengan simbol + dan –.

Kutub terminal positif harus dihubungkan dengan kutub terminal positif. Begitu pula, kutub negatif harus dihubungkan dengan kutub negatif. Pastikan jumper menjepit aki dengan benar dan telah terhubung dalam aki pendonor.

Kutub terminal positif harus dihubungkan dengan kutub terminal positif. Begitu pula, kutub negatif harus dihubungkan dengan kutub negatif. Pastikan jumper menjepit aki dengan benar dan telah terhubung dalam aki pendonor.

3. Hidupkan mesin mobil

Setelah itu Anda bisa menyalakan mesin mobil pendonor dengan kondisi aki yang optimal dan diamkan selama kurang lebih dua menit.

Hal ini berujuan untuk memberikan arus listrik kepada aki mobil yang soak hingga mendapatkan strum listrik yang melimpah agar sanggup menyalakan mesin.

Setelah itu pastikan dengan menyalakan kontak ACC pada mobil yang sulit di-starter untuk melihat keadaan panel instrumennya. Jika panel instrumen menyala semua, maka Anda bisa men-starter mobil tersebut.

4. Lepaskan kabel jumper dengan tepat

Setelah mesin mobil kembali hidup, Anda dapat menunggu sekitar dua menit untuk memastikan aki soak tersebut dapat mengisi dan menyimpan daya arus listrik yang diberikan kepada mobil pendonor dengan kondisi baik. Setelah dua menit berlalu Anda bisa melepas kabel jumper.

Pastikan melepas kabel jumper dengan benar. Yaitu dengan cara melepas kabel kutub negatif (warna hitam) yang terhubung pada aki soak terlebih dulu. Barulah lepas kabel kutub negatif yang terhubung pada aki donor. Setelah kabel negatif terlepas, lanjutkan dengan melepas kabel kutub positif (warna merah) pada aki rusak. Terakhir, lepas kabel positif pada aki pendonor.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com