Penyebab Umur Aki Jadi Lebih Pendek, Apa Saja?

Penulis: Afrizal Abdul Rahman
Selasa, 18 Juli 2023 14:30 WIB
Tips - Penyebab Umur Aki Jadi Lebih Pendek, Apa Saja?
Bagikan ke:
Penyebab umur aki jadi lebih pendek terjadi karena adanya masalah pada sistem kelistrikan mobil.

OTODRIVER- Aki kering atau MF (Maintenance  Free) yang kini banyak digunakan di kendaraan, umumnya memiliki waktu usia pakai yang cukup panjang, berkisar 1-2 tahun, bahkan bisa lebih.

Namun demikian tak sedikit yang pernah mengalami masalah, di mana usia aki jauh lebih pendek dari perkiraan. Lantas mengapa bisa terjadi?

"Bisa terjadi karena banyak hal termasuk dari kelistrikan yang bermasalah. Ambil contoh kalau modifikasi yang mengarah ke kelistrikan, jika secara teknis kalau arusnya tidak baik aki bisa bocor dan konsekuensinya usianya akan lebih pendek," kata Hadi, Direktur Utama PT WPS, disela peluncuran Aki MF terbaru dibilangan Jakarta, baru-baru ini.

Lebih lanjut ia mengatakan setiap aki terdapat minimum frekuensi yang dipenuhi pada sistem kelistrikan dan pemakaian. 

Sementara itu, menurut Muksin dari Team FAST ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap lifetime aki mobil, dan disarankan melakukan pengecekan berkala. Meliputi pengisian tegangan alternator, normalnya tegangan ada di angka 12 volt.

"Kalau dicek dan angkanya di bawah 12 atau lebih dari 15 volt itu berarti ada masalah pada aki," ucapnya.

Menurutnya ketika ada yang bermasalah biasanya gejala akan muncul ketika kendaraan mulai dihidupkan. Nantinya bisa dilihat dari sistem kelistrikan, ketika ada yang mulai redup itu bisa menjadi penanda.

"Selagi tidak ada masalah dalam hal kelistrikan normalnya aki bisa bertahan lebih lama, dan dari sisi pemakaian juga harus dilihat," tutupnya. (AAR).

#aki-mobil #aki-bocor #kelistrikan-mobil #usia-aki #umur-aki #aki-kendaraan

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.