6 Perawatan Dasar Supaya Harga Mobil Bekas Tak Terjun Bebas

6 Perawatan Dasar Supaya Harga Mobil Bekas Tak Terjun Bebas

Merawat mobil adalah hal yang wajib hukumnya bagi pemilik kendaraan roda empat. Dengan merawat mobil secara telaten, kenyamanan berkendara akan terjamin. Di sisi lain masa guna serta harga jual mobil tetap bernilai tinggi ketika ingin dijual kembali.

Sebagai penyedia layanan jual mobil bekas yang sudah dua tahun berkutat di pasar, Carsome berani menjamin kalau mobil yang terawat akan punya harga jual yang lebih tinggi. “Perawatan rutin akan membuat kondisi mobil tetap prima bahkan setelah memberikan manfaatnya secara maksimal bagi pengguna pertamanya," terang Country Manager Carsome Indonesia, Andreas Djingga dalam keterangan resmi yang diterima OtoDriver.

Lebih lanjut dijelaskan kalau mobil yang dalam kondisi mulus dan terawat sangat mungkin harganya bisa naik hingga 5% dari harga taksiran awal, sementara mobil yang lecet-lecet bisa mengurangi harga hingga 5-10%. Mobil yang pernah mengalami tabrakan, biasanya harus merelakan harganya turun hingga 15% dari harga taksiran, sementara mobil yang pernah terendam banjir, bisa turun harga hingga 15-20%.

 

 

Nah, Anda tentu tidak mau ketika menjual mobil harganya jatuh bukan? Berikut beberapa tips dasar merawat mobil yang disarankan Carsome.

1. Pastikan Cairan Pada Mobil Selalu Tercukupi
Ada beberapa cairan penting yang perlu mendapat perhatian khusus saat merawat mobil. Pertama ada air radiator atau coolant yang berfungsi sebagai pendingin mesin, kemudian ada power steering yang berfungsi sebagai pelumas,dan cairan rem yang berfungsi sebagai sistem hidrolik saat proses pengereman.

Pastikan semuanya dalam kondisi tercukupi sehingga dapat bekerja dengan maksimal melindungi komponen-komponen dalam mobil.

2. Ganti Oli Mesin Secara Berkala
Oli mesin merupakan elemen penting mobil yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antar komponen, pendingin, peredam getaran, pembersih kotoran, hingga antikarat di dalam mesin. Maksimal lakukan penggantian oli mesin setiap 5.000 km sekali untuk merawat mobil Anda agar performa mesin tetap optimal.

 

3. Servis Rutin atau Tune Up
Setiap Anda membeli mobil baru pastilah dilengkapi dengan buku servis. Sebisa mungkin patuhi anjuran perawatan berkala yang disarankan. Juga bila terdapat masalah pada mobil, jangan ragu konsultasikan kepada mekanik untuk mendapatkan perawatan ekstra agar kondisi mobil kembali prima.

4. Perhatikan Kondisi Aki
Sebagai penyokong daya komponen-komponen kelistrikan, aki harus selalu dipastikan dalam kondisi optimal. Lakukanlah pengecekan dengan memastikan air aki selalu berada pada level yang seharusnya, yaitu di antara garis batas penanda. Selain itu, pengecekan juga bisa dilakukan dengan melihat tegangan aki menggunakan voltmeter, namun bila Anda tidak yakin untuk melakukan pengecekan sendiri, sebaiknya selalu lakukan pengecekan minimal sebulan sekali ke bengkel terdekat.

5. Bersihkan Mobil Untuk Menghindari Karat
Masih banyak pengendara mobil yang kurang peduli terhadap kebersihan ketika berkendara. Padahal sebenarnya mencuci mobil merupakan salah satu hal yang mudah dilakukan dalam merawat mobil agar tetap awet. Cucilah mobil minimal seminggu sekali setelah bepergian, apalagi dengan mobilitas yang tinggi kendaraan kerap melewati jalanan yang banjir dan juga kotor. Cucilah hingga ke sudut-sudut sempit bagian mobil untuk menghindari terjadinya karat pada beberapa komponen mobil.

6. Hindari Modifikasi

Dengan adanya perubahan spesifikasi mobil maka secara umum akan membuat harga jual kembali otomatis terjun. Bahkan penggunaan aksesoris seperti klakson variasi, lampu, dan audio yang tak sesuai rekomendasi pabrikan, walau terhitung modifikasi ringan, tetap harus dihindari jika tak mau harga jual terjun bebas.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com