Simpel, Begini Cara Menabung untuk Membeli Mobil

Simpel, Begini Cara Menabung untuk Membeli Mobil

Membeli mobil atau upgrade ke model yang lebih baru adalah keinginan banyak orang. Anda termasuk? Tentunya untuk mencapai keinginan tersebut banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya perencanaan. 

Menurut Perencana Keuangan Karoline Cinti, untuk membeli mobil baru hal pertama yang harus diperhatikan yaitu perencanaan, penghitungan dan pengeluaran lain yang pasti terjadi dan akan memakan banyak waktu. 

"Memiliki mobil merupakan komitmen jangka menengah, biasanya dibutuhkan 2 sampai 5 tahun untuk memperoleh kendaraan , apakah untuk mengumpulkan uang dan membayar tunai, atau untuk membiayai nilai dan melunasinya dalam jangka panjang. Langkah pertama melibatkan menganalisis kemampuan untuk membayar, ketika melihat semua pengeluaran lain yang ada dalam anggaran pribadi, sebelum melakukan cicilan atau tabungan selama periode tersebut," katanya, seperti dikutip dari laman Terra, Selasa (14/6). 

Lantas apa saja yang harus diperhatikan? Yuk simak tips di bawah ini agar Anda dapat membeli kendaraan baru dengan langkah terbaik! 

Buatanggaranjangkapanjangdanpendek

Menyiapkan anggaran dengan tujuan jangka pendek dan jangka panjang merupakan langkah mendasar bagi siapa saja yang ingin memulai perencanaan keuangan, apalagi yang ingin memiliki kendaraan baru seperti mobil. 

Anda harus mengidentifikasi bagaimana uang digunakan dan membuat penilaian pengeluaran saat ini untuk menetapkan tujuan pengeluaran. Tujuannya untuk mengumpulkan jumlah uang yang dibutuhkan untuk jangka panjang (membeli mobil). 

Janganboros 

Hilangkan pengeluaran yang berlebihan dan simpan hanya yang Anda butuhkan. Kemudian lakukan kontrol dengan menempatkan jumlah yang tersisa dan selalu berusaha untuk mempertahankan pola tabungan, untuk dapat menyimpan uang bulanan. Selanjutnya Anda bisa mengecek setiap pengeluaran agar sesuai dengan jadwal yang telah dicanangkan. 

Danadarurat

Anda bisa membuat dana darurat dalam perencanaan keuangan dan itu sangat penting. Sebab, jika ada hal yang tak terduga sebelum pembelian kendaraan mencegah tabungan digunakan. Selain itu, dana darurat juga berfungsi untuk melakukan semua perawatan preventif dan mengambil asuransi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. 

Pada akhirnya, keputusan selalu bersifat individual, tetapi mengetahui apa yang harus dipertimbangkan, bagaimana menghitung, menunggu saat yang tepat dan mengetahui prioritas Anda, peluang untuk melakukannya dengan benar jauh lebih besar.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com