Kebiasaan Tangan di Atas Tuas Perseneling Timbulkan Masalah Ini

Kebiasaan buruk tersebut dapat membuat transmisi cepat aus.
Penulis: Afrizal Abdul Rahman
Sabtu, 24 Desember 2022 12:00 WIB
Tips - Kebiasaan Tangan di Atas Tuas Perseneling Timbulkan Masalah Ini
Bagikan ke:

Tak sedikit kebiasaan buruk pengemudi yang tak disadari dapat membuat kendaraan cepat rusak, terutama bagi yang sering menggunakan transmisi manual.

Termasuk kebiasaan menaruh tangan di atas tuas perseneling yang dinilai mampu dengan mudah mengganti gigi. Namun kondisi tersebut ternyata tak dibenarkan, bahkan bisa berbahaya bagi pengemudi dan pengendara lain.

"Memang banyak pengemudi yang meletakkan tangannya di bagian tuas transmisi ketika mengemudi, kebiasaan tersebut sebaiknya dihindari karena dapat berpengaruh kepada kesigapan," katanya, Hariadi, Asst. to Service Dept, Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). 

     Baca Juga:   Ini Penyebab Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi

Lebih lanjut Hadi mengatakan posisi tangan sangat penting saat menyetir, dan pastikan posisinya selalu di lingkar kemudi guna memberikan kenyamanan, keselamatan dan kecepatan reaksi saat berkendara.

"Untuk itu dianjurkan melepaskan tangan setelah memindahkan tuas transmisi dan kembali ke posisi tangan di lingkar kemudi," tambahnya.

Tak hanya itu saja, dikutip dari berbagai sumber kebiasaan di atas juga dapat memengaruhi bagian selector fork, biasanya perseneling akan terhubung ke bagian di atas agar roda gigi berputar dalam waktu singkat.

Ketika terus terjadi tentu akan memberikan tekanan pada selector fork, alhasil timbul gesekan dan membuat transmisi cepat aus.

Jadi, pastikan tangan Anda tak selalu menempel di tuas perseneling agar tetap nyaman saat berkendara.

Bila Anda meletakkan tangan di tuas transmisi, maka akan memberikan tekanan pada selector fork tersebut sehingga membuatnya saling bergesekan. Jika dilakukan terus menerus maka bisa membuat transmisi cepat aus.

#tuas-transmisi #mobil #efek-samping #kebiasaan-buruk #otomotif

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.