Ini Penyebab Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi

Ini Penyebab Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi

Mobil matic saat ini hampir menjadi pilihan utama masyarakat karena operasionalnya yang cukup praktis. Namun bukan berarti transmisi tidak bisa mengalami kerusakan. Bagaimana jika transmisi matic tidak mau pindah gigi secara mendadak, ketika sedang berada di jalan raya. 

Efek berbahaya ketika transmisi tersangkut bukan hanya kecelakaan, kerusakan pada bagian transmisi yang bisa menjalar pada komponen lainnya pun dikhawatirkan. "Kerusakan pada transmisi mobil matic yang macet saat pindah gigi, berbeda-beda pada setiap tipe mobil. Rata-rata kerusakan terdapat pada sel atau kopling yang sudah aus, bagian elektriknya, dan gearbox," jelas Suparno dari Putera Magetan Matic yang bermarkas di bilangan Jatiwaringin Pondok Gede, Bekasi. Apa saja penyebab transmisi matic tidak mau pindah gigi, berikut penjelasaanya:

Kopling yang aus

Jika merasakan perpindahan tuas persneling mobil yang berat, maka hal ini menjadi salah satu pertanda bahwa kampas kopling alami kerusakan. Biasanya tuas persneling akan menjadi kaku dan keras. Tuas persneling gigi yang kaku ini biasanya terjadi akibat engine transmisi gigi mobil yang berputar secara terus menerus. 

Dalam kondisi yang normal, maka perpindahan tuas persneling bisa dilakukan dengan gampang. tapi akan kesulitan menggeser tuas persneling karena keras dan kaku. Cara mengatasinya tak lain adalah dengan memasangkan kampas kopling yang baru. 

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini 4 Penyebab Oli Mobil Cepat Berkurang

Kerusakan pada elektrik

Jangan-jangan hal itu karena kerusakan awal pada sistem elektronik atau mekanis, Transmisi mekanis seperti kebocoran pada selenoid pressure sehingga oli tidak dapat melumasi sempurna ketika gigi berpindah pada putaran mesin tertentu. Jika transmisi berjenis elektrik, kerusakan umumnya pada solenoid pressure atau TCM speed sensor.

Baca Juga : Ketahui Komponen AC Yang Harus Sering Diganti Agar Tetap Sejuk dan Nyaman

Rusaknya Gearbox 

Penyebab yang terakhir pada transmisi matik tidak mau pindah gigi berasal dari kabel gearbox yang putus atau mengelupasnya lapisan pelindung kabel. Ada dua penyebab yang dapat rasakan. 

Pertama adalah pedal gas justru terasa berat ketika diinjak walaupun transmisi sudah berhasil dipindah. Kedua adalah perpindahan gigi justru sama sekali tidak terjadi. 

Apabila gearbox adalah sumber masalahnya maka mobil harus dibawa ke bengkel resmi untuk pengecekan lebih lanjut. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com