Catat! Ini Tips Perawatan AC Agar Tetap Awet

Catat! Ini Tips Perawatan AC Agar Tetap Awet

Perawatan mesin mobil secara rutin menjadi hal yang wajib dilakukan, namun salah satu yang harus diperhatikan yakni komponen AC, sebab memiliki peran penting untuk memberikan kenyamanan. 

Terutama bagi Anda yang tinggal di negara yang memiliki beberapa musim, salah satunya musim panas. AC sendiri dapat memberikan kesejukan saat berkendara.

Melihat dari fungsinya tersebut ada wajib untuk merawat AC agar tetap awet. Lantas bagaimana? Yuk simak di bawah ini. 

Mengganti  filter berkala

Filter AC memegang peran penting untuk memberikan kesejukan. Untuk itu mengganti secara berkala menjadi kewajiban yang harus dilakukan. 

"Mengganti filter AC secara berkala setiap 10rb KM, dan servis setiap 20 ribu KM," Rezza Suwandi, Owner Wijaya Ac Mobil Sunter, saat dihubungi OtoDriver. 

Lebih lanjut ia mengatakan untuk servis dan pergantian filter tergantung dari model mobil sendiri. Untuk itu harga cukup bervariasi. 

"Umumnya itu ada dikisaran angka Rp750-1 Jutaan, termasuk freon dan penambahan oli kompresor," tambahnya. 

Menjaga  kebersihan kabin

Tak hanya servis rutin, menjaga kebersihan kabin mobil juga harus dilakukan. Ketika dibiarkan debu akan mudah masuk ke dalam filter AC dan dapat menumpuk. Alhasil, AC mudah rusak alias menganggu kinerjanya. 

Menutup jendela

Penting untuk diketahui saat AC menyala wajib menutup jendela mobil. Bukan tanpa sebab, ketika dibuka akan membuat AC bekerja lebih berat dan partikel debu dengan mudah masuk ke dalam kendaraan, dan menuju ke AC. 

Kondisi tersebut sama halnya dengan menjaga kebersihan kabin, nantinya debu yang membandel akan membuat kinerja AC lebih berat dari biasanya. 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com